Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS MODEL MARKETING PADA PRODUK ASURANSI BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA (Studi Kasus Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya)Penulis : Diana AgustinaDosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag., M.E.I.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Asuransi merupakan suatu persetujuan antara dua pihak yaitu pihak yang menjamin dengan pihak yang berjanji kepada pihak yang dijamin. Perkembangan industri asuransi syariah sampai saat ini terus meningkat, yang berakibat bahwa semakin bertambahnya perusahaan perasuransian, maka mau tidak mau tiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran (marketing) yang baik untuk mendapatkan nasabah asuransi. Perusahaan Asuransi Cabang Surabaya merupakan asuransi internasional pertama kali yang memakai sistem syariah. Produk brilliance hasanah sejahtera yang dimiliki oleh Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya adalah salah satu produk yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena dengan membayar premi sebesar 200 ribu per bulan mereka bisa menikmati layanan asuransi syariah ini dengan berbagai jenis perlindungan. Terbukti produk ini menjadi produk primadona diantara produk lain yang ada di perusahaan asuransi syariah tersebut. Mereka merasa lebih comfortable dengan produk ini dikarenakan sangat pas dan sesuai dengan kebutuhan. Atas dasar inilah peneliti ingin mengetahui Analisis Marketing Produk Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera di Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana Model Marketing pada Produk Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera di Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya? Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Ada 2 sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari narasumber atau karyawan di Perusahaan Asuransi Syariah divisi marketing dan sumber data sekunder yang diperoleh melalui literature dan sumber-sumber terpercaya lain sebagai acuan yang digunakan dalam melakukan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya telah menerapkan prinsip bauran pemasaran 7P yang meliputi products, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Strategi promosi sangat ditekankan karena promosi dengan menggunakan model personal selling yang bertujuan untuk merangsang pembeli dengan cara mendatangi konsumen secara langsung serta memprospek calon konsumen tersebut dikarenakan metode ini menentukan tercapai atau tidaknya visi misi dan mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan. Kemudian, Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya sudah menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam islam sebagaimana sudah dijelaskan dalam teori yaitu berkenaan dengan ikhtiar, manfaat, amanah dan nasihat. Segala aktivitas ekonomi dan transaksi diawasi secara langsung oleh Majelis Ulama Indonesia dan Dewan Syariah Nasional. Kata Kunci : Asuransi Syariah, Pemasaran Islam.
AbstractionInsurance is an agreement between two parties that is the party that guarantees with the party who promised to the guaranteed party. The development of sharia insurance industry to date continues to increase, which resulted in the increasing insurance companies, so inevitably each company must have a marketing strategy (marketing) is good to get insurance customers. Surabaya Branch Insurance Company is the first international insurance to use sharia system. Brilliance hasanah sejahtera product owned by Syariah Insurance Company Surabaya Branch is one of the products that are very interested by the people of Indonesia because by paying a premium of 200 thousand per month they can enjoy this Takaful with various types of protection. This product is proven to be a product of excellent among other products in the sharia insurance company. They feel more comfortable with this product because it is very fitting and in accordance with the needs. On this basis researchers want to know Marketing Analysis Brilliance Hasanah Sejahtera Insurance Products in Sharia Insurance Company Surabaya Branch. This study aims to answer the question: How is the Marketing Model on Brilliance Hasanah Sejahtera Insurance Products at Sharia Insurance Company Surabaya Branch? This research is a descriptive qualitative research. There are 2 sources of data in this study namely primary data source obtained directly from the speakers or employees in Sharia Insurance Company marketing division and secondary data sources obtained through literature and other reliable sources as a reference used in conducting research. The result of this study is that the Surabaya Branch of Islamic Insurance Company has implemented 7P marketing mix principles which include products, prices, places, promotion, people, physical evidence, and process. Promotional strategies are emphasized because of promotions using personal selling models that aim to stimulate buyers by going to consumers directly and prospecting prospects because this method determines whether or not the mission mission is achieved and affects the level of productivity of the company. Then, the Surabaya Branch of Islamic Insurance Company has applied the principles of marketing in Islam as explained in the theory that is with regard to endeavors, benefits, trust and advice. All economic activities and transactions are supervised directly by the Indonesian Ulema Council and the National Sharia Council. Keywords: Sharia Insurance, Islamic Marketing.