Detail Karya Ilmiah

  • "ANALISIS PERILAKU NASABAH DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PRODUK GADAI EMAS DI BPRS BAKTI ARTHA SEJAHTERA SAMPANG”
    Penulis : MUNAWAROH
    Dosen Pembimbing I : DAHRUJI, S.E., M.E.I.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Gadai emas merupakan jaminan utang untuk memperoleh pembiayaan. Dimana produk gadai ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memperoleh pembiayaan. Dimana nasabah dalam memilih produk gadai yaitu melalui beberapa tahap yaitu Mengenali pemasalahan, Mencari informasi, Evaluasi alternatif, Keputusan pembelian dan perilaku sesudah pembelian. Jumlah nasabah yang melakukan pembiayaan di BPRS Bakti Artha Sejahtera Sampang setiap tahunnya tidak menentu, kadang mengalami kenaikan dan bahkan mengalami penurunan, pada tahun 2017 melonjak tajam disbandingkan tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan Jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga pendekatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah memilih produk gadai emas di BPRS Bakti Artha Sejahtera Sampang yaitu melalui 5 proses tahapan Mengenali permasalahan dimana nasabah menunjukkan bahwa dalam menggadaikan emasnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk biaya sekolah, mencari informasi yaitu responden menunjukkan bahwa mengetahui BRPS Bakti Artha Sejahtera Sampang yaitu mengetahui dari saudara/teman dan brosur. evaluasi alternative yaitu responden menunjukkan lebih memilih produk gadai daripada meminjam ke tetangga/rentenir. keputusan pembelian dimana responden dalam memilih gadai emas ini dikarenakan prosesnya cepat, mudah dan biaya murah dan perilaku sesudah pembelian yaitu reponden menunjukkan bahwa dalam menggadaikan emas di BPRS ini sangat memuaskan . Kata Kunci: Perilaku Nasabah, Gadai

    Abstraction

    Pawn gold is guarantee debt for earn financing . Where this pawn product is needed by the community to obtain financing. Where the customer in choosing a pawn product is through several stages of Recognizing problems, Searching for information, alternative Evaluation, Purchase decisions and behavior after purchase. A number customers who do financing at BPRS Bakti Artha Sejahtera Sampang every year no erratic, sometimes experience increase and even experience decrease, on year 2017 soaring sharper than the right in 2016. The research method used in this research is descriptive qualitative research method with Type field research . Methods of data collection in this study using the method of interview and documentation. Data analysis techniques use three approaches: data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study shows that customers choose gold pawn products in BPRS Bakti Artha Sejahtera Sampang is through 5 stages of recognizing process problems where customers point out that in mortgaging the gold is to meet daily needs and for school fees , looking for information that respondents indicate that knowing BRPS Bakti Artha Sejahtera Sampang is knowing from relatives/friends and brochures. evaluation alternative ie respondents indicate prefer pawn product rather than borrow to neighbors/moneylenders. decision purchase where the respondents in choosing gold pawn is because the process is fast, easy and low cost and behavior after the purchase of reponden indicates that in mortgaging of gold in BPRS is very satisfactory. Keywords: Behavior Customer , Pawn.

Detail Jurnal