Detail Karya Ilmiah

  • " ANALISIS TEORI PERILAKU KONSUMEN DALAM ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM PADA KONSUMEN GALERI ELZATTA BANGKALAN”
    Penulis : Ninda Ayu Wiguna
    Dosen Pembimbing I : Dahruji, S.E., M.E.I
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini berjudul “Analisis Teori Perilaku Konsumen Dalam Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim” bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai perilaku dari para konsumen Galeri Elzatta di Kota Bangkalan dalam keputusan mereka melakukan pembelian produk busana muslim jika ditinjau berdasarkan prinsip-prinsip dasar konsumsi dalam teori perilaku konsumen Islam Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan melihat fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Fokus penelitian ini terdapat dalam empat unit analisis yang meliputi prinsip keadilan, prinsip kebersihan, prinsip kesederhanaan, dan prinsip moralitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku para konsumen dari Galeri Elzatta Bangkalan sebanyak 87% sudah sesuai dengan prinsip keadilan dimana para konsumen ini sangat memperhatikan sifat kepantasan dari barang yang mereka beli serta kesesuaian antara materi yang telah mereka keluarkan dengan kualitas barang yang mereka dapatkan. Sebanyak 90% sesuai dengan prinsip kebersihan dimana para konsumenketika melakukan pembelian produk busana muslim mereka memperhatikan unsur kebersihan dan kelayakan produk, termasuk pula kebersihan tempat mereka melakukan pembelian. Sebanyak 57% sesuai dengan kesederhanaan dimana para konsumen ini melakukan pembelian atas dasar kebutuhan serta tujuan melakukan kewajiban mereka dalam menutup aurat, para konsumen tersebut tidak melakukan pembelian atas dasar rasa keinginan saja. Serta sebanyak 97% sesuai dengan prinsip moralitas dimana para konsumen melakukan pembelian bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dirinya saja akan tetapi juga untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat Islam serta bertujuan untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan pembelian.

    Abstraction

    The research entitle “ An Analysis Of Consumer Behavior In Islam To Purchase Decision Of Muslim Clothing Product”, the study propose to know and get information about consumer behavior of Elzatta Gallery on Bangkalan regency in their decision make purchases Muslim clothing if observation based on consumption principles in consumer behavior theory of Islam. This study use descriptive qualitative research based on phenomenon which happens in the field. Technique of collecting the data is done by observation and interview. This study focuses in four units which is justice principle, cleanness principle, simplicity principle, and morality principle. The result of this study show that consumer behavior of Elzatta Gallery Bangkalan around 87% was appropriate with justice principle which these consumers are pay attention suitable characteristics of product which they were buy and conformity between material which their payment and quality of product which they gets. 90% appropriate with cleanness principle in which consumers doing purchase Muslim clothing product that they were pay attention cleanness element and expediency product include cleanness of place where doing purchase 57% appropriate with simplicity that these consumers make purchases based on necessary and aim for doing their obligation in cover aurat. The consumers does not make purchases based on their desire. 97% appropriate with morality principle in which the consumer make purchases just enough to fulfill their self necessary but perform obligation as Muslims and aims to make worship to Allah SWT.

Detail Jurnal