Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP RATING OBLIGASI SYARIAH (Studi Kasus PT.Global Mediacom Tbk yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia)PADA PERIODE 2012-2016Penulis : Diah Ayu Reny Tias MardianawatiDosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan,Lc.,MADosen Pembimbing II :Abstraksi
PT.Global Mediacom Tbk merupakan salah satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Produk yang diperjual belikan di BEI adalah surat-surat berharga, seperti saham dan obligasi perusahaan tersebut merupakan pelaku investasi yang ada dipasar modal. Salah satu jenis saham yang diperjual belikan adalah obligasi berbasis syariah. Dalam rating obligasi syariah adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain, likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas. Jenis penelitian ini menggunakan metodelogi kuantitatif dengan pendekatan kasual. Uji yang dipergunakan adalah uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikorelasi, uji autokorelasi, uji regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil dari uji yang telah dilakukan menyatakan bahwa rasio likuiditas tidak berpengaruh terhadap rating obligasi syariah sebab nilai t hitung > 0,10 yaitu 0,310 > 0,10. Begitupun juga dengan rasio profitabilitas juga tidak berpengaruh terhadap rating obligasi syariah dengan nilai t hitung sebesar -0,742 < 0,10, dan rasio solvabilitas juga tidak berpengaruh terhadap rating obligasi syariah dengan nilai t hitung sebesar -1,969 < 0,10. Dapat disimpulkan bahwa dari tiga faktor tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap rating obligasi syariah di PT.Global Mediacom Tbk. Kata kunci : Rasio Likuiditas, Rasio profitabilitas, Rasio Solvabilitas, Rating Obligasi Syariah.
AbstractionPT.Global Mediacom Tbk is one of the companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Products traded on the Stock Exchange are securities, such as shares and bonds of the companies are investors in the capital market. One type of stock traded is sharia-based bonds. In the rating of Islamic bonds as for the factors that influence it, among others, liquidity, profitability and solvency. This type of research uses quantitative methodology with casual approach. The test used is a classical assumption test. The classical assumption test consisted of normality test, heterocedasticity test, multicorelation test, autocorrelation test, multiple regression test, T test and F test. The results of the test that has been done states that the liquidity ratio does not affect the rating of Islamic bonds because the value of t arithmetic> 0.10 is 0.310> 0.10. Likewise, the profitability ratio also does not affect the rating of Islamic bonds with t value of -0.742 <0.10, and the solvency ratio also does not affect the rating of Islamic bonds with a value of t arithmetic equal to -1.969 <0.10. It can be concluded that the three factors have no effect on the rating of sharia bonds at PT.Global Mediacom Tbk. Keywords: Liquidity Ratio, Profitability Ratio, Solvency Ratio, Shariah Bond Rating.