Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kegiatan Beryanyi Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal 11 Modung Bangkalan
    Penulis : Suhrotul Mutmainnah
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MA
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S,Psi., M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi terhadap perilaku disiplin anak usia 4-5 tahundi TK Aisyiah Bustanul Athfal 11 Modung Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design jenis one-group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal 11 Modung Bangkalan yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon . Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan Ttabel 21 maka 0 , 21 dan Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signitifkan antara kegiatan bernyanyi terhadap perilaku disiplin anak usia dini. Kata Kunci : Perilaku Disiplin, Kegiatan Bernyanyi, Anak Usia Dini

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of singing activities on the discipline behavior of children aged 4-5 years of kindergarten Aisyiah Bustanul Athfal 11 Modung Bangkalan. This research uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental design research type one-group pre-test post-test. The subjects of this study are children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiah Bustanul Athfal 11 Modung Bangkalan which amounted to 14 children. Data collection techniques use observation, interview and documentation. Using the Wilcoxon marked test data analysis. The result of data analysis obtained by Thitung value is 0 and Ttabel 21 then 0, 21 and Ha accepted. The data analysis shows that there is a significant influence between the singing activity on the behavior of early childhood discipline. Keywords: Discipline Behavior, Singing Activity, Early Childhood

Detail Jurnal