Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI INQUIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK AN-SHAL KAMALPenulis : R. Ajeng SetyowatiDosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa', S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.PsiAbstraksi
ABSTRAK Abstrak : Pengaruh Strategi Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Geometri Pada Kelompok B Tk An-Shal Kamal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap kemampuan mengenal konsep geometri pada anak kelompok B TK An-Shal Kamal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimental dengan desain penelitian pretest-posstest. Subyek penelitian ini merupakan anak kelompok B TK An-Shal Kamal sebanyak 20 anak yang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan uji wilcoxon karena data tidak berdistibusi normal . Hasil yang diperoleh adalah nilai Thitung = 0, dan nilai Ttabel = 52, dengan N=52 , N merupakan jumlah sampel yang berada di tabel wilcoxon. Sampel berjumlah 20 sehingga Thitung < Ttabel hal ini menjadikan Ha diterima pada taraf signifikansi 5%. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Inquiry Terbimbing terhadap kemampuan mengenal konsep geometri. Besar pengaruhnya sebanyak 4% yang artinya kontribusi strategi pembelajaran Inquiry Terbimbing sebesar 4% terhadap kemampuan mengenal konsep geometri pada anak kelompok B TK An-shal Kamal Kata Kunci : Inquiry Terbimbing, Konsep Geometri, Bentuk, Pendidikan Anak Usia Dini
AbstractionABSTRACK Abstrack : The Effect Of Guided Inquiry Strategy On Ability To Know Geometry Concept In Group B Tk An-Shal Kamal.The purpose of this study was to determine the effect of Guided Inquiry strategy on the ability to recognize geometric concepts in the children of group B TK An-Shal Kamal. This study uses quantitative research using experimental design with pretest-posttest research. The subjects of this study were children of group B TK An-Shal Kamal as many as 20 children who were sampled. Data collection techniques using the Wilcoxon test because the data do not have a normal distribution. The results obtained are Tcount = 0, and Ttable = 52, with N = 52, N is the number of samples in the Wilcoxon table. The sample amounted to 20 so that Tcount