Detail Karya Ilmiah

  • Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu di TK Raudlatul Mubtadiin Cen-Lecen Pakong Pamekasan
    Penulis : Lu’luil Azharil Jannah
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Disiplin merupakan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai kepatuhan, kesetiaan, ketaatan, keteraturan dan ketertiban. Gerak dan lagu juga merupakan kegiatan bernyanyi sambil bergerak sesuai dengan irama musik yang dapat melatih anak menerima rangsangan dan melakukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan motorik kasar, kreativitas, bersosialisasi dan kerjasama, melatih kedisiplinan dan konsentrasi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan kegiatan gerak dan lagu terhadap perilaku disiplin anak usia 4-5 tahun di TK Raudlatul Mubtadiin Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan uji prasyarat menggunakan rumus Liliefors. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Raudlatul Mubtadiin Pakong Pamekasan yang terdiri dari 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non participan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai L_hitung=0,1351 dan L_(tabel )= 0,227. Karena L_hitung < L_(tabel ) dengan nilai 0,1351 < 0,227 maka hal ini membuktikan bahwa peningkatan kedisiplinan yang di alami oleh anak adalah signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan melalui gerak dan lagu yang digunakan oleh peneliti efektif dalam membentuk perilaku disiplin anak usia 4-5 tahun.

    Abstraction

    Discipline is a behavior that shows the values of obedience, loyalty, obedience, prder and order. Motion and song are also activities of singing while moving in accordance with the rhythm of music that can train children to receive stimulation and carry out learning innovations to improve gross motor skills, creativity, socialization and collaboration, train children’s discipline and concentration. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of motion and song activities on the disciplinary behavior of children aged 4-5 years in TK Raudlatul Mubtadiin, Pakong, Pamekasan. This study uses a quantitative approach. Data analysis techniques used descriptive quantitative analisys with prerequisite tests using the Liliefors formula. The subjects of this study were children aged 4-5 years in Raudlatul Mubtadiin Pakong Pamekasan Kindergarten consisting of 13 children. Data collection techniques used are non participant observation, unstructured interviews and documentation. From the results of data analysis it is known that the value of L_count =0,1351 and L(table)= 0.227. Because L_count < L(table) with a value of 0.1351 <0.227 then this proves that the increase in discipline experienced by children is significant. The conclusion of this study is the activities through motion and song used by researchers are effective in shaping the disciplinary behavior of children aged 4-5 years.

Detail Jurnal