Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Kegiatan Bernyanyi Menggunakan Media Gambar Dengan Kemampuan Membaca Permulaan AnakPenulis : Rury Indah PradiniDosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa', S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Kegiatan bernyanyi merupkan stimulasi yang efektif untuk menanamkan karakter-karakter positif, seperti jujur, disiplin, kreatif, mandiri, cinta damai, gemar membaca dan cinta tanah air. Membaca permulaan adalah suatu kesatuan kegiatan yang terpadu mencangkup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata-kata, menghubungkannya dengan bunyi, maknanya serta menarik kesimpulan mengenai suatu bacaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana hubungan kegiatan bernyanyi menggunakan media gambar dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK kertawati kalianget Sumenep. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan Korelasi Pearson Product Moment. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 17 responden. Penilaian kegiatan bernyanyi menggunakan media gambar menggunakan pengamatan observasi sedangkan penilaian kemampuan membaca permulaan menggunakan observasi dan dokumentasi kegiatan anak. Lembar observasi dengan kriteria penilaian BB, MB, BSH, BSB. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa diterima dalam uji hipotesis . Hal ini dapat diketahui bahwa tidak hubungan antara kegiatan bernyanyi menggunakan media gambar dengan kemampuan membaca permulaan anak Usia 5-6 Tahun di TK Kertawati Kalianget Sumenep yang dinyatakan dengan nilai r hanya sebesar 0,124 dan nilai KP sebesar 1,54%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, sehingga kegiatan bernyanyi memiliki hubungan yang sangat rendah. Kata kunci: Kegiatan Bernyanyi, Media Gambar, Kemampuan Membaca Permulaan
AbstractionAbstract: Singing activity is an effective stimulation for instilling positive characters, such as honesty, discipline, creativity, independence, harmony, love to read, and patriotism. Early reading is an integrated unit of activity involving several activities such as recognizing letters and words, connecting them with sounds and meanings, and taking conclusions about a reading. The purpose of this study was to know how the relationship between singing activities by using picture media and reading ability of 5-6 years old children in Kertawati Kindergarten Kalianget Sumenep. The method of this study was quantitative with Pearson Product Moment Correlation approach. The sample selection used saturated sampling with the total of 17 respondents. The assessment of singing activities by using picture media used observation, whereas the assessment of early reading ability used observation and documentation of children’s activities. Criteria assessment in observation sheets were BB, MB, BSH, BSB.Based on the results of calculations that have been done, the writer can find out that is accepted in hypothesis test. It can be seen that there is not the relationship between singing activities by using picture media and early reading ability of 5-6 years old children in Kertawati Kindergarten Kalianget Sumenep in which it is stated with the value of R is 0,124 % and the value of KP is 1,54 %. So, it can be concluded that early reading ability of child can be influenced by other factors so that singing activity has a very low relationship. Keywords: singing activity, picture media, early reading ability