Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Finger Painting dengan Pemahaman Pencampuran Warna pada Anak Usia 5-6 Tahun di RAM NU 10 Banin-Banat Manyar
    Penulis : Nurul Faizah
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa kekuatan hubungan antara bermain finger painting dengan pemahaman konsep pencampuran warna pada pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di RAM NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan Korelasi Pearson Product Moment. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dengan jumlah 18 responden. Penilaian kegiatan bermain finger painting menggunakan pengamatan observasi sedangkan penilaian pemahaman konsep pencampuran warna pada pembelajaran sains menggunakan observasi dan dokumentasi bermain anak. Berdasarkan perhitungan analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 4,29 > 1,746 ttabel, sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan bermain finger painting yang analisis dan dilakukan untuk menentukan hubungan antara bermain finger painting dengan pemahaman konsep pencampuran warna pada pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun mempunyai nilai r = 0,828, dengan demikian bermain finger painting memiliki hubungan sebesar 68,55% (sangat kuat) dengan pemahaman konsep pencampuran warna pada pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di RAM NU 10 Banin-Banat Manyar. Kata kunci: Anak Usia 5-6 tahun, Bermain, Finger Painting, Pemahaman Pencampuran Warna pada Pembelajaran Sains

    Abstraction

    This thesis was carried to know whether there was the contribution or not about students finger painting technique mastery towards their color mixing concept comprehension ability in teaching science class of the students of RAM NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik at the age of 5-6th years. This result of this study is hoped to be useful for development of science teaching technique. In analyzing data, the writer used Korelasi Pearson Product Moment at number 18 students was researched. The data was obtained by observing in finger painting activity; using observation and documentation of students activities in color mixing concept ability. According to data analyses by using formula :Thitung = 4,29>1,746 ttabel. the result was H0 was denied; Ha was accepted. These details calculation results i.e. : r = 0,828; Contribution was 68,55%. It means the contribution of students finger painting technique mastery towards their color mixing concept comprehension ability in teaching science class of the students of RAM NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik at the age of 5-6th years finding writer final conclusion was valid. Keywords : Students at the age at 5-6 years old, Playing, Finger painting, Mixing color concept comprehension in teaching science.

Detail Jurnal