Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Gerak an Lagu Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Anak Kelompok A TK Muslimat NU Al-Ikhwanul Karim SumenepPenulis : Iftida Islamiyati ChoiriDosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas gerak dan lagu bebantuan media audio-visual terhadap pemahaman konsep geometri anak kelompok A TK Muslimat NU Al-Ikhwanul Karim Semaan Dasuk Sumenep. Kegiatan gerak dan lagu dengan berbantuan media audio-visual ini digunakan untuk menstimulus aspek kognitif anak dalam hal pemehaman anak tentang geometri dengan baik dan benar sesuai tahapan yang diterapkan yakni tahap pengenalan, tahap analisis, dan tahap pengurutan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan anak didik kelompok A dengan rentang usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Al-Ikhwanul Karim Semaan Sumenep yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan anak dalam memahami konsep geometri melalui gerak dan lagu berbantuan meia audio-visual memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan deskriptif persentase 79% . Hal tersebut terlihat pada tiga indikator yang telah diteliti, dimana indikator yang pertama yaitu pengenalan memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan deskriptif persentase 78%. Indikator kedua yaitu analisis memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan deskriptif persentase 79%. Indikator ketiga yaitu pengurutan memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan deskriptif persentase 79%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep geometri melalui gerak dan lagu berbantuan media audio-visual afektif digunakan untuk anak kelompok A.
AbstractionThe purpose of this study is to determine the effectiveness of motion and song audio-visual media assistance to the understanding of the geometric concepts of the children group A Muslimat NU Al-Ikhwanul Karim Kindegarten Semaan Dasuk Sumenep. Motion and song activities with the assistance of audio-visual media are used to stimulate the cognitive aspects of children in terms of understanding children geometry properly and correctly according to the stages applied, namely the introduction, analysis, and sequencing stages. This study uses quantitative research with descriptive methods. The subjects of this study are group A students with age range of 4-5 years in the Muslim NU Al-Ikhwanul Karim Kindegarten Semaan Sumenep are totally 16 children. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the children ability to understand geometric concepts through motion and song assisted by audio-visual media obtained an average value of 3.1 with a descriptive percentage of 79%. This can be seen in the three indicators that have been investigated, where the first indicator, namely recognition, obtained an average value of 3.1 with a descriptive percentage of 78%. The second indicator is the analysis obtained an average value of 3.1 with a descriptive percentage of 79%. The third indicator, sequencing, obtained an average value of 3.1 with a descriptive percentage of 79%. Based on the results of this study, it can be concluded that understanding geometric concepts through motion and song assisted by affective audio-visual media is used for group A students.