Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Pendekatan Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Kelompok A di TK An-Nash Desa Kebun Kecamatan Kamal BangkalanPenulis : Nina HanifahDosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan outdoor learning terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak kelompok A di TK A-Nash Desa Kebun Kecamatan Kamal Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian pre-eksperimental jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A di TK An-Nash Desa Kebun Kecamatan Kamal Bangkalan sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yang berjumlah 0 dan Ttabel berjumlah 21, sehingga Thitung< Ttabel yaitu 0 < 21, maka Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pendekatan outdoor learning terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak kelompok A di TK An-Nash Desa Kebun Kecamatan Kamal Bangkalan. Kata Kunci : Pendekatan Outdoor Learning, Kemampuan Mengungkapkan Bahasa, Anak Usia Dini.
AbstractionThe purpose of this study is to determine the effect of outdoor learning approach to the ability in expressing language of group A in kindergarten An-Nash Kebun village Kamal sub-district, Bangkalan. The research uses quantitative approach by using experimental method, with pre-experimental research design type one group pretest-posttest design. The subject of this study is group A in kindergarten An-Nash Kebun village Kamal sub-district, Bangkalan as many as 14 children. Data collection techniques use non-partisipant observation and documentation in the form of photographs of activities and plan of daily learning (RPPH). Data processing in this study uses test level marked by wilcoxon. Results of data analysis show Tcount which amounted to 0 and Ttable amounted to 21, so Tcount< Ttableis 0 < 21, then Ha is accepted. Based on the data analysis, it shows that there is a significant influence between the outdoor learning approach to the ability in expressing language of group A in kindergarten An-Nash Kebun village Kamal sub-district, Bangkalan. Keywords : Outdoor Learning Approach, Ability in Expressing Language, Early Chilhood.