Detail Karya Ilmiah

  • Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun ( Studi Kasus Di TK Al-Hikmah Kabupaten Malang Pada Anak Yang Tinggal Di Kampung Jaranan)
    Penulis : Nurul Khofifah
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa',S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar,S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak : Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun ( Studi Kasus Di TK Al-Hikmah Kabupaten Malang Pada Anak Yang Tinggal Di Kampung Jaranan . Berdasarkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku sopan santun anak di sekolah dan di rumah, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sopan santun anak. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus yang menggali informasi secara mendalam dan terperinci. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan mereduksi data, menjadikan data dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data perilaku sopan santun anak usia 5-6 di TK AlHikmah menunjukkan bahwa perilaku sopan santun ketika di sekolah dan di rumah memiliki persamaan dalam hal penerapan. Temuan penelitian ini merupakan perilaku sopan santun anak dalam hal berperilaku dan berbahasa. Pada lingkungan sekolah terdapat tiga indikator dari tujuh indikator perilaku sopan santun yang dominan yaitu mencium tangan orang yang lebih tua, mengucapkan terimakasih ketika mendapatkan sesuatu dan berdo’a. Sedangkan ketika di lingkungan rumah terdapat empat indikator perilaku sopan santun yang dominan diantaranya mencium tangan orang yang lebih tua, mengucap dan menjawab salam, mengucapkan terimakasih ketika mendapatkan sesuatu, dan berdo’a. Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku sopan santun anak terdiri dari dua yaitu internal dan eksternal. Faktor internal didominasi oleh lingkungan keluarga, sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan pendidikan dan lingkungan sosial dimana anak bergaul. Kata kunci : Perilaku Sopan Santun, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Anak Usia Dini

    Abstraction

    Abstract: Prosocial Behavior of Ages 5-6 Years ( Case Study In Kindergarten Al-Hikmah Malang Regency In Children Who Live In Kampung Jaranan ). Based on the purpose of this research is to know the behavior of child manners at school and at home, to know the factors that influence the behavior of child manners. Subjects in this study were children aged 5-6 years. This research method uses qualitative research case study which dig deep and detailed information. Data collection using observation method, interview and documentation. Data analysis used in research is to reduce data, make data and make withdrawal conclusion. The results of the analysis of the behavioral behavior of children aged 5-6 in Al-Hikmah kindergarten showed that the behavior of courtesy when at school and at home have similarities in terms of application. The findings of this research is the behavior of children's behavior in terms of behavior and language. In the school environment there are three indicators of the seven dominant behavioral indicators of kissing the hands of an older person, saying thank you when getting something and praying. Whereas when in the home environment there are four indicators of dominant manners behavior such as kissing the hand of an older person, saying and responding to greetings, saying thank you when getting something, and praying. Factors affecting the behavior of child manners consist of two internal and external. Internal factors are dominated by the family environment, while external factors comprise the educational environment and social environment in which the child mingles.

Detail Jurnal