Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Simulasi Berbantuan Media Gunung Meletus Terhadap Pemahaman Sains Anak Kelompok B di RA Dewi Sartika Kamal.
    Penulis : Ainin Shofiyah
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi. M.Psi.
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi berbantuan media gunung meletus terhadap kemampuan sains anak kelompok B. Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mempermudah peserta didik dalam memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, adapun dalam pendidikan anak usia dini metode pembelajaran yang dapat diterapkan ada 8 metode pembelajaran namun penelitian ini hanya memfokuskan pada metode pembelajaran simulasi yang digunakan untuk menstimulus kemampuan sains anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain (nondesigns) jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di RA Dewi Sartika Kamal sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung < Ttabel (0 < 135,5), maka Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan Terdapat Pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran simulasi terhadap kemampuan sains anak. Kata Kunci : Metode Simulasi, Kemampuan Sains, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of mountain-assisted media simulation learning methods on children's science abilities in group B. Learning methods are a method conducted by educators to facilitate students in understanding the learning objectives to be achieved, while in early childhood education learning methods There are 8 learning methods that can be applied, but this research only focuses on simulation learning methods used to stimulate children's scientific abilities. This study uses a quantitative approach using the experimental method with a Pre-experimental Design (nondesigns) research type of one-group pre-test post-test. The subjects of this study were 16 children of group B in RA Dewi Sartika Kamal. Data collection techniques through observation and documentation. Using Wilcoxon level test data analysis. The results of data analysis obtained the value of tcount

Detail Jurnal