Detail Karya Ilmiah

  • KEMANDIRIAN ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DITINJAU DARI KELEKATAN IBU (Studi Deskriptif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Hidayah 1 Jombang)
    Penulis : Nur Afifah
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A.
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemandirian anak laki-laki dan perempuan dilihat dari sudut pandang jenis kelamin dan penerapan pola kelekatan ibu pada anak usia 5-6 tahun di sekolah RA Al-Hidayah 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini diambil dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan pada kelompok B usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data (data display), dan conclusions: drawing/verifying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap kemandirian ada anak perempuan memunculkan perilaku disiplin, mengendalikan emosi dan belum memunculkan perilaku percaya diri, mau berbagi, kemampuan fisik, tanggung jawab. Sedangkan pada anak laki-laki memunculkan perilaku berkemampuan fisik, pandai bergaul, mau berbagi, disiplin dan belum memunculkan perilaku bertanggung jawab. Pola kelekatan yang diterapkan ibu kepada anak yaitu ibu subyek pertama menerapkan pola kelekatan aman (Secure Attachment) sedangkan ibu subyek kedua menerapkan pola kelekatan melawan atau ambivalen (Resistance Attachment). Kata Kunci : Kemandirian, Kelekatan, Anak Usia 5-6 Tahun

    Abstraction

    The purpose of this study was to find out the description of the independence of boys and girls viewed from the point of view of sex and the application of maternal attachment patterns to children aged 5-6 years at RA Al-Hidayah 1 Jombang. This study uses a qualitative research approach with a type of descriptive research. The subjects of this study were taken from one male student and one female student in group B aged 5-6 years. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out through three stages which included data reduction, data display (data display), and conclusions: drawing / verifying. The results of this study indicate that the attitude of independence of girls leads to disciplinary behavior, controlling emotions and not raising self-confidence, sharing, physical abilities, responsibilities. Whereas for boys, physical behavior, clever socialization, willingness to share, discipline and not responsible behavior have emerged. The pattern of attachment applied by the mother to the child is that the first subject mother applies a pattern of Secure Attachment (Secure Attachment), while the mother of the second subject applies the pattern of attachment against or ambivalent (Resistance Attachment) Keywords: Independence, Attachment, Children Aged 5-6 Years

Detail Jurnal