Detail Karya Ilmiah

  • Manajemen Kurikulum Lembaga Terapi Anak Usia Dini Di Lembaga Mutiara Bangsa
    Penulis : Anisatul Maghfiroh
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S,Psi.,M.Psi
    Abstraksi

    Abstrak: Manajemen Kurikulum didefinisikan sebagai landasan atau pondasi dalam pendidikan. Pada umumnya kurikulum di terapkan di lembaga-lembaga sekolah yang memiliki tujuan pendidikan yang ingin di capai, tetapi dalam penelitian ini kurikulum di terapkan di Lembaga Terapi yng di khususkan untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam kurikulum yang diterapkan di Lembaga Terapi Mutiar Bangsa Surabaya. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif studi diskriptif. Penelitian ini berlangsung dari bulan Oktober sampai Januari 2019. Pengambilan data dilakukan dengan Wawancara secara mendalam kepada kepala sekolah dan Guru. Selain dengan wawancra pengumpulan data juga dilakukan dengan observasi secara terus terang atau tersamar di tempat penelitian. Prosedur analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan model Miles Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di Lembaga Terapi Mutiara Bangsa yaitu Kurikulum Cathrine Mauris dengan metode ABA (applied behavior analysis). Kata Kunci: Kurikulum, lembaga terapi, ABK

    Abstraction

    Abstract: Curriculum Management is defined as the foundation or foundation in education. In general, the curriculum is applied in school institutions that have educational goals that they want to achieve, but in this study the curriculum is applied in the Therapeutic Institution which is specifically for children with special needs. The study aims to find out more in the curriculum that is applied at the Surabaya National Pearl Therapy Institute. The study was conducted by descriptive qualitative method. This research takes place from October to January 2019. Data collection is carried out with in-depth interviews principals and teachers. In addition to interviewing collection was also carried out by frank observation or disguised at the research site. The data analysis procedure used is using the Miles Hubberman model. The results showed that the curriculum applied at the National Pearl Therapy Institute was Cathrine Mauris Curriculum with the ABA method (applied behavior analysis). Keywords: Curriculum, therapy institution, ABK

Detail Jurnal