Detail Karya Ilmiah

  • PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI RELIGIUSITAS BERBASIS PESANTREN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL ULUM PAYUDAN DALEMAN SUMENEP
    Penulis : Sitti wimmamah
    Dosen Pembimbing I : Siti fadjryana Fitroh.S.Psi.M.A
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani,S.Psi.,MPsi.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan nilai religiusitas anak usia 5-6 tahun. Religiusitas merupakan bentuk hubungan manusia dengan penciptanya melalui ajaran agama yang sudah terinternalisasi dalam diri seseorang dan tercermin dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus instrumental dengan menetapkan dua guru, dua orang tua sebagai informan dan dua anak sebagai triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil dalam penelitian ini adalah guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan nilai religiusitas pada anak peran guru antara lain sebagai sumber penasehat, sumber model atau contoh tauladan dan konselor. Nilai religiusitas anak dapat dilihat dari empat aspek yaitu kejujuran, keadilan, bermanfaat bagi orang lain dan disiplin tinggi. Dari empat aspek tersebut kejujuan merupakan salah satu yang paling dominan bagi anak. Kata kunci : peran guru, religiusitas, anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan nilai religiusitas anak usia 5-6 tahun. Religiusitas merupakan bentuk hubungan manusia dengan penciptanya melalui ajaran agama yang sudah terinternalisasi dalam diri seseorang dan tercermin dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus instrumental dengan menetapkan dua guru, dua orang tua sebagai informan dan dua anak sebagai triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil dalam penelitian ini adalah guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan nilai religiusitas pada anak peran guru antara lain sebagai sumber penasehat, sumber model atau contoh tauladan dan konselor. Nilai religiusitas anak dapat dilihat dari empat aspek yaitu kejujuran, keadilan, bermanfaat bagi orang lain dan disiplin tinggi. Dari empat aspek tersebut kejujuan merupakan salah satu yang paling dominan bagi anak. Kata kunci : peran guru, religiusitas, anak usia 5-6 tahun.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the role of teacher in developing value religiosity children aged 5-6 years. Religiosity is a form of human relationship with the creator through the teachings of religion who have been internalized in a person and is reflected in everyday behavior. This research uses qualitative descriptive research approach with the instrumental case study by assigning two teachers, two parents as informant and two children as triangulation data sources and data collection techniques. The results in this study is the teacher has a very important role in developing the values of religiosity on the child, the role of teachers, among others, as a source of counsel, the source model or an example of a minimal model and counsellor. The value of the religiosity of the child can be seen from four aspects, namely honesty, justice, useful for others and high discipline. Key words: the role of teacher, religiosity, children ages 5-6 years.

Detail Jurnal