Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Perilaku Empati Anak Usia 5-6 Tahun di RA PSM Sidomulyo MadiunPenulis : Yeti AgustinDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.PsiDosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Perilaku Empati Anak Usia 5-6 Tahun Di RA PSM Sidomulyo Madiun . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-experimental Design jenis one-group pretest-posttest yang terdiri dari pretest-treatment-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak usia 5-6 tahun di RA PSM Sidomulyo. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dan data hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil analisis data diperoleh pada saat pretest terdapat 7 anak yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang, dan 8 anak yang masuk dalam kriteria belum berkembang. Penilaian posttest setelah melakukan treatment terdapat 1 anak yang masuk dalam kategori mulai berkembang, 12 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan, dan 2 anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon diperoleh nilai T hitung yaitu 0 dan nilai T tabel 25. Maka dapat disimpulkan bahwa T (0 < 25) sehingga H 0 ditolak dan H diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap perilaku empati anak usia dini. a Kata Kunci: Perilaku Empati, Quantum Learning, Anak Usia 5-6 tahun
AbstractionThis research intends to know about The Influences of Quantum Learning Study Model to The Empathy of Children 5-6 Years Old in RA PSM Sidomulyo Madiun . This research applied experiment quantitative research method with Pre-experimental Design research and one-group pretest-posttest kind that consists of pretest-treatment-posttest. Subjects of this research were 15 children of 5-6 years old in RA PSM Sidomulyo. Researcher applied data collection techniques those are observation and documentation, data analysis used Wilcoxon marked rank test and pretest and posttest assessment result data. Results of the data analysis were obtained at the pretest there are 7 children include beginning development criteria, and 8 children include to not developing yet criteria. Posttest assessment after applied treatment found that there was a child in beginning development category, 12 children in expectant development category, and 2 children in excellent development category. Calculation result with Wilcoxon marked rank test was obtained that the value of T count was 0 and the value of T was 25. Therefore, that can be concluded about T count ? T table (0 < 25) so that H ii 0 table was rejected and H was accepted. It means that there are influences of quantum learning study model to the early childhood’s empathy. Key Word: Empathy, Quantum Learning, Children 5-6 Years Old