Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Metode Fonik Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Cendekia Lamongan
    Penulis : Amalia Laili Fitri
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :M.Busyro Karim, S.Ag.,M.Si
    Abstraksi

    Amalia Laili Fitri. 2019. Implementasi Metode Fonik Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Cendekia Lamongan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi dan M. busyro karim, S.Ag., M. Psi Abstrak Metode fonik merupakan metode membaca permulaan yang berfokus pada keluarnya huruf, fonik memperkenalkan satu persatu huruf dan beberapa huruf abjad, pelafalan fonik berbeda dengan metode yang lain. Metode fonik mengajarkan membaca bermakna dan juga memahami arti kata yang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi kegiatan metode fonik pada anak kelompok TK-B di sekolah. Metode pendekatan yang digunakan adalah kualitatif studi deskriptif . Subjek dalam penelitian ini diambil dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan pada kelompok TK-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi data reduction, data display, dan conclusions: drawing/verifying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kegiatan metode fonik telah diterapkan selama kurang lebih 3 tahun sejak tahun 2016 sebagai salah satu kegiatan pada morning activity dan pembelajaran di kelas. 2) pada proses pelaksanaannya, metode fonik mempunyai 10 tahapan yaitu : membunyikan huruf, menyebutkan bunyi pada kata, menyebutkan bunyi pada benda, mencari bunyi pada kartu/ gambar, meraba huruf, mencari bentuk padanan huruf, menggabungkan bunyi (bila anak sudah sampai konsonan) dan menyusun kata. 3) Penilaian metode fonik ada 2 yaitu harian dan rapot semester. 4) Kesulitan yang dihadapi dalam proses pembelajaran metode fonik ada 3 yaitu kekurangan alat untuk memutar DVD player, tidak semua guru mengikuti seminar metode fonik terutama guru-guru baru dan ketidaksamaan pembelajaran di sekolah dan di rumah. Kata kunci : Metode Fonik, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini

    Abstraction

    Amalia Laili Fitri. 2019. Implementation Of Phonic Method In Children Aged 5-6 Years in TK IT Cendekia Lamongan. Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Education, Trunojoyo Madura University. Supervisor Thesis: Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi and M. busyro karim, S.Ag., M. Psi Abstract Phonetic method is a preliminary reading method that focuses on the release of unique letters introducing one by one letters and several letters of phonetic pronunciation alphabet are different from other methods.Phonetic methods teach reading meaning and also understanding the meaning of words that are read. This study aims to describe the implementation of phonetic method activities in children of kindergarten group B in the school. The approach method used is descriptive qualitative study. Subject studies in this study were taken from 1 male student and 1 female student in group B data collection techniques used were interview observation and documentation. Data analysis is done through three stages including data reduction, data display and conclusion drawing / verification. the results of this study indicate that: 1) phonetic method activities have been established for approximately 3 years since 2016 as one of the activities on morning activity and classroom learning. 2) in the process of implementation the phonetic method has 10 stages, namely sounding letters, mentioning sounds on words, mentioning sounds on objects, looking for sounds on cards/ pictures, fingering letters, looking for forms of equivalent letters, combining sounds (if the child has reached the consonant) and composing said.3) there are two phonetic method assessments, namely daily and semester report cards.4) difficulties faced in the learning process of phonics there are three, namely lack of tools to play DVD players not all teachers attend phonics method seminars, especially new teacher teachers and inequalities phonic in school learning and House. keywords: phonetic methods, beginning reading, early childhood

Detail Jurnal