Detail Karya Ilmiah

  • KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN SENAM IRAMA (Studi Deskriptif Kelompok A di RA Bakti Telang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan)
    Penulis : Titis Anugra Eka Triswardani
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa', S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gerak lokomotor anak kelompok A pada pelaksanaan kegiatan senam irama. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Bakti Telang, yang diambil dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan senam irama mencakup berbagai macam tahap – tahap senam irama. Setiap tahap senam irama terdapat berbagai macam gerak, termasuk gerak lokomotor. Pelaksanaan senam irama di RA Bakti Telang secara keseluruhan sudah memenuhi keberhasilan dalam pelaksaanaannya. Anak – anak sudah ikut terlibat aktif dalam pelaksanaan senam irama meskipun prinsip senam irama masih yang belum terpenuhi.Kemampuan gerak lokomotor mencakup gerak perpindahan tempat. 2) Kemampuan Gerak lokomotor FQ belum muncul dalam hal berlari dengan berbagai arah, berjalan menjijit, meloncat naik dengan ketinggian 20 - 30 cm dan mendarat dua kaki. Kemampuan gerak lokomotor FQ yang sudah muncul yaitu berlari dengan mengayunkan tangan dan berjalan dengan tumit. Kemampuan gerak lokomotor HL belum muncul dalam hal berjalan dengan berbagai arah, berjalan dengan tumit, berlari menjijit. Dalam meloncat dengan ketinggian 20- 30 cm dan mendarat dua kaki anak sudah muncul. Kata Kunci : Gerak lokomotor, Senam irama, Anak Usia Dini

    Abstraction

    This study aims to determine the ability of locomotor motion of group A children in the implementation of rhythmic gymnastics activities. The concept used is descriptive qualitative study. Data collection techniques used interviews, observation and documentation. The subjects of this study were children of group A at RA Bakti Telang, who came from one male and one female student. Data analysis using three stages of data reduction, data presentation and verification. The results of this study are 1) the implementation of the rhythmic gymnastics of various stages of the rhythmic gymnastics. Each stage of rhythmic gymnastics has a wide range of motion, including locomotor motion. Implementation of rhythmic gymnastics in RA Bakti Telang as a whole has achieved success in the implementation. Children have been actively involved in the implementation of gymnastic rhythm although the principles of rhythmic gymnastics are still unfulfilled. Locomotor capability Includes motion displacement. 2) Locomotor FQ capabilities have not yet emerged in terms of running in various directions, walking outstretched, jumping up with a height of 20-30 cm and a land of two feet. FQ locomotor ability that has emerged that is running by swinging hands and walking with heels. HL locomotor capability has not yet emerged in terms of walking in various directions, walking with heels, running for a massage. In jumping with a height of 20-30 cm and landed two feet of children have appeared. Keywords: Locomotive Motion, Rhythmic Gymnastics, Early Childhood

Detail Jurnal