Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN MENGUCAPKAN ASSALAMU’ALAIKUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU SITI KHODIJAH BANGKALAN
    Penulis : ASMI ITTARI
    Dosen Pembimbing I : M. BUSYRO KARIM, S.Ag., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :SITI FADJRYANA FITROH, S.Psi., M.A.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembiasaan mengucapkan Assalamu’alaikum dalam membentuk karakter disiplin anak kelompok A di TK Muslimat NU Siti Khodijah Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian merupakan kelompok A di TK Muslimat NU Siti Khodijah Bangkalan dengan jumlah anak yang diteliti sebanyak 6 anak. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa implementasi metode pembiasaan mengucapkan Assalamu’alaikum Di TK Muslimat NU Siti Khodijah Bangkalan dalam membentuk karakter disiplin telah sesuai dengan syarat-syarat metode pembiasaan, yakni pembiasaan mengucapkan Assalamu’alaikum dimulai sejak usia dini, dilakukan secara kontinyu, teratur, konsisten, dan pembiasaan tidak verbalistik. Karakter disiplin dalam mengucapkan Assalamu’alaikum yang dibentuk melalui metode pembiasaan diterapkan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan. Karakter disiplin dalam mengucapkan Assalamu’alaikum yang akan dibentuk di dalam diri anak merupakan program lembaga yang menjadi serangkaian proses pendidikan karakter dengan tujuan demi perubahan watak yang sesuai dengan norma dan ajaran islam

    Abstraction

    This research aims to determine the implementation of habituating method Assalamu'alaikum to form the discipline character of group A children at TK Muslimat NU Siti Khodijah Bangkalan. This research uses qualitative research methods with a case study approach. The subject of the study is group A at TK Muslimat NU Siti Khodijah as many as 6 children. The data collection techniques through participatory observation, interviews, and documentation. Based on the results of the analysis, it is known that the implementation of the habit of saying Assalamu'alaikum at TK Muslimat NU Siti Khodijah in shaping the character of the discipline is ini according with the requirements of the habituation method, namely the habit of saying Assalamu'alaikum starting at an early age, carried out continuously, regularly, consistently, and non-habituation verbalistic. Discipline character in saying Assalamu'alaikum formed through the habituating method is applied through routine activities, spontaneous activities, and exemplary. Discipline character in saying Assalamu'alaikum which will be formed in children is an institution program which becomes a series of character education processes with the aim of changing character in accordance with norms and islamic teachings

Detail Jurnal