Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA MODIFIKASI DAKON TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU 04 AL HIDAYAH BETOYO KAUMAN MANYAR GRESIK
    Penulis : Nur Islachiyah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani. S.Psi.,M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media modifikasi dakon terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A TK Muslimat NU 04 Al Hidayah Betoyo Kauman Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-eksperiment Design jenis One-Group-Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian merupakan anak kelompok A di TK Muslimat NU 04 Al Hidayah Betoyo Kauman Manyar Gresik sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data berupa statistik non parametrik. Berupa uji jenjang bertanda wilcoxon dengan data hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil pretest menunjukkan bahwa terdapat 9 anak masuk dalam kategori belum berkembang (BB), 6 anak masuk dalam kategori mulai berkembang (MB). Hasil posttest terdapat 7 anak masuk dalam kategori mulai berkembang (MB), dan 8 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang wilcoxon diperoleh Thitung < Ttabel yaitu (0 < 25) yaitu Thitung lebih kecil dari Ttabel. Sehingga pengambilan keputusan yaitu Ho (Hipotesis Nihil) ditolak dan Ha (Hipotesis Alternativ) diterima dengan Thitung < Ttabel (0 < 25). Sehingga diketahui bahwa ada pengaruh Media Modifikasi Dakon Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada kelompok A TK Muslimat NU 04 Al Hidayah Betoyo Kauman Manyar Gresik. Kata kunci : Anak Kelompok A, Media Modifikasi Dakon, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri

    Abstraction

    ABSTRACK This study aims to determine the effect of dakon modification media on the ability to recognize geometric shapes in the group A TK Muslimat NU 04 Al HidayahBetoyoKaumanManyar Gresik. This study uses a quantitative approach using the Pre-experimental Design type One-Group-Pretest-Posttest Design method. The research subjects were group A children in Muslimat NU Kindergarten 04 Al HidayahBetoyoKaumanManyar Gresik as many as 15 children. The technique of collecting data through non-participant observation and documentation in the form of photos of activities, and plans for carrying out daily learning.Processing data using data analysis in the form of non parametric statistics.In the form of a wilcoxon level test with pretest and posttest research results. The pretest results showed that there were 9 children included in the undeveloped category (BB), 6 children were included in the developing category (MB). The posttest results included 7 children in the developing category (MB), and 8 children included in the developing category as expected (BSH). The results of calculations using the Wilcoxon level test are obtained Tcount

Detail Jurnal