Detail Karya Ilmiah

  • DAMPAK BILINGUAL ( BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MADURA) TERHADAP KEAMPUAN MEMAHAMI BAHASA PADA ANAK
    Penulis : SUCI NUR INDAH SARI
    Dosen Pembimbing I : DWI NURHAYATI ADHANI
    Dosen Pembimbing II :SITI FADJRYANA FITROH
    Abstraksi

    Abstrak: Dampak bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Madura) terhadap kemampuan memahami bahasa di TK AL-IBRAHIMY Kec.Sepulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak bilingual terhadap kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskriptifkan dan menggambarkan dampak bilingual terhadap kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Dalam penelitian ini subjek adalah anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa bilingual berdampak pada kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun, yakni anak mampu memahami bahasa ketika anak diberi perintah menggunakan dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Madura dan anak masih kurang mampu memahami bahasa ketika anak diperintahkan hannya dengan bahasa Madura saja. Kata kunci : Bilingual, Kemampuan memahami bahasa

    Abstraction

    Abstract: The impact is bilingual (Indonesian and Madurese language) on the ability to understand the language in AL-IBRAHIMY Kec.epulu This study aims to find out how the impact of bilingual on the ability to understand language in children aged 5-6 years. This research is a descriptive qualitative study to describe and describe the impact of bilingual on the ability to understand language in children aged 5-6 years. In this study the subject is a child. The technique of collecting data uses observation, interviews and documentation. The results showed that bilingual had an impact on the ability to understand language in children aged 5-6 years, namely children were able to understand the language when children were given the command to use two languages namely Indonesian and Madurese and children were still unable to understand the language when the child was ordered in Madurese. only Keywords: Bilingual, Ability to understand language

Detail Jurnal