Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Prambon Kabupaten Nganjuk
    Penulis : Faridatul Bahiyah
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Faridatul Bahiyah. 2018. Pengaruh Kartu gambar terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Prambon Kabupaten Nganjuk. Program Studi Program Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing Siti Fadjriyana Fitroh, S.Psi,MA dan Yulias Wulani Fajar, S.Pd, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kartu gambar terhadap keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Prambon. Penggunaan kartu gambar digunakan untuk menstimulus kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun dalam mengenal huruf, membuat huruf, dan belajar asosiasi bunyi huruf. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimentalDesain jenis one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik dengan usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Prambon Nganjuk dengan jumlah 16 anak. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumen berupa foto-foto kegiatan, pelaksanaan pembelajaran harian, dan raport anak. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh T_hitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 30 maka 0<30 dan H_a diterima, analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media kartu gambar terhadap kemampuan keaksaraan awal usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Prambon Kabupaten Nganjuk. Kata kunci :Kartu Gambar, Keaksaraan, Anak Usia 4-5 tahun.

    Abstraction

    Faridatul Bahiyah. 2018. The Influence of Flash Cards to the Early Literacy Ability of Children Aged 4-5 Years in TK Negeri Pembina Prambon Nganjuk. Teachers Education Study Program of Early Childhood Education, Faculty of Education,University of Trunojoyo Madura. Advisor : Siti Fadjriyana Fitroh, S.Psi, MA and Yulias Wulani Fajar, S.Pd, M.Pd ABSTRACT This study aims to determine the influence offlash card to the early literacy ability of children aged 4-5 years in TK Negeri Pembina Prambon. Flash cards are used to stimulate the early literacy ability of 4-5 year olds in recognizing letters, making letters, and learning letters association.This research uses quantitative method with Pre-Experimental Approach Design with one group pretest-posttest. The subjects in this study were students aged 4-5 years in TK Negeri Pembina Prambon Nganjuk with the number of 16 children. The study used observation data collection techniques, documents in the form of photos of activities, daily learning, and report cards of children. It is using the Wilcoxon marked test data analysis. The result of data analysis obtained by TCount is 0 and Ttable value 30 then 0 <30 and H_a accepted, the data analysis show there is significant influence between flash card to literacy ability early age 4-5 years in TK Negeri Pembina Prambon Nganjuk . Keywords:Flash Card, Literacy, Children 4-5 years.

Detail Jurnal