Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Empati Anak Usia 4 - 5 Tahun Di TK Kartika Tambakboyo Tikung Lamongan
    Penulis : Qurrota A'yun
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Qurrota A’yun. 2018. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Empati Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kartika Tambakboyo Tikung Lamongan.SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. (I) Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, M.A. (2) Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap empati anak usia 4-5 tahun di TK Kartika Tambakboyo Tikung Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain penulisan Pre-eksperimental jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penulisan ini merupakan anak usia 4-5 tahun di TK Kartika Tambakboyo Tikung Lamongan sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, dan rapor anak. Pengolahan data menggunakan analisis data uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai t_hitung yaitu 9,800 dan nilai t_tabel sebesar 2,056 maka thitung > ttabel (9,800 > 2,056) dan Ha diterima. Sedangkan koefisien determinan sebesar 94%. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran terhadap empati anak dengan besar pengaruh 94% dan 6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Empati, Anak Usia Dini

    Abstraction

    Qurrota A’yun. 2018. The Influence of Role Playing Method to Empathy Childat 4-5 years old in Kindergarten of Kartika Tambakboyo Tikung Lamongan. Thesis, Teachers Education Study Program of Early Childhood Education, Faculty of Education, Trunojoyo University of Madura. Advisor: (I) Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, M.A And (II) Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The aim of this study to know about the influence of role playing method to the empathy child at 4-5 years old in Kindergarten of Kartika in Tambakboyo Tikung Lamongan. This study uses quantitative research by using experiment method Pre-experimental research design with type one-group pre-tes post-test.The subject of this study with child at 4-5 years old in Kartika Kindergarten in Tambakboyo Tikung Lamongan as many as 14 child. Technique of the collecting data are conducted by using nonparticipant observation, unstructured interview, and documentation such as photos of activities, the implementing program of daily learning, and child report. To analyze the data th is study uses data analysis of exam-t (uji-t). The result of the data analysis is obtained of valuet_hitungis 9,800 andthe valuet_tabel is 2,056 sothitung > ttabel (9,800 > 2,056) and Ha accepted. While the determinant coefficient is 94%. According to the data analysis to show the significant influence between role playing method to the child empathy as big as the influence 94% and 6% influence by other factors. Keywords: Role Playing Method, Empathy, Early Childhood

Detail Jurnal