Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Card (ARC) Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B R.A Bakti Telang
    Penulis : Anida Choiriyah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayang Sari, S.Psi.,M.Psi,
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi.,M.Psi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media augmented reality card (ARC) terhadap kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B RA Bakti Telang. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B RA Bakti Telang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen desain Pre-test dan post-test Group. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua tehnik yaitu observasi non partisipan dan dokumentasi berupa RPPH, raport anak, dan foto-foto kegiatan pembelajaran. Setelah diberikan treatment anak mengalami perubahan yang awalnya anak masuk dalam kategori belum berkembang (BB) mengalami kenaikan menjadi 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan terdapat 19 anak yang tergolong berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil perhitungan data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon, dapat diketahui bahwa nilai T_hitung< T_tabel (0 < 66). Hal ini menunjukkan bahwa nilai 0 jauh dibawah 66. Berdasarkan kriteria keputusan pada uji jenjang bertanda wilcoxon, yang telah terpapar di atas maka dapat disimpulkan bahwa H_a diterima, berarti ada pengaruh antara penggunaan media augmented reality card (ARC) terhadap kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B di RA Bakti Telang. Kata kunci : Augmented reality card (ARC), Keaksaraan Awal.

    Abstraction

    This study aims to determine the influence of the augmented reality card media (ARC) on the early literacy skills of the RA Bakti Telang B group. This research was carried out on the RA Bakti Telang children group. In this study the researchers used a quantitative approach to the experimental method of the Groub Pre-test and post-test design. Data collection in this study uses two techniques, namely non participant observation and documentation in the form of RPPH, children’s report cards, and photos of learrning activities. The results of the development of the early keksaraan children RA Bakti Telang B group. After being given treatment, the child experiences a change that initially the child falls into the undeveloped category (BB) which increases to 3 children who develop according to expectations (BSH) and there are 19 children classified as developing very well (BSB). Based on the results of the calculation of data in this study using the level test marked Wilcoxon, it can be seen that the value of T_count

Detail Jurnal