Detail Karya Ilmiah

  • ABSTRAK
    Penulis : ROHMATUL RODIYAH
    Dosen Pembimbing I : M.BUSYRO KARIM
    Dosen Pembimbing II :DWI NURHAYATI ADHANI
    Abstraksi

    Abstrak: Hubungan Kegiatan Bernyanyi Dengan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Hikmah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan kegiatan bernyanyi dengan berpikir pada anak usia 4-5 tahun Di TK Al-Hikmah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kegiatan bernyanyi ini dapat membantu anak dalam pengenalan simbol angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi pearson product moment. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 17 responden. Kegiatan bernyanyi dan mengenal simbol menggunakan lembar observasi anak dengan kriteria BB, MB, BSH, dan BSB berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hipotesis nol (H0) yang diterima dalam uji hipotesis. Hal ini berarti terdapat hubungan antara kegiatan bernyanyi dengan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hikmah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan yang dinyatakan dengan nilai r hanya sebesar -0,06 sehingga nilai Kolerasi Determinan (KD) sebesar 0,36% yang menunjukkan hubungan yang rendah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor lain yaitu berpikir simbolik anak sudah dibiasakan oleh guru. Oleh sebab itu, pada penelitian ini terlihat bahwa ada hubungan antara kegiatan bernyanyi dengan berpikir simbolik anak meskipun hubungannya rendah. Dengan kata lain, terdapat hubungan yang rendah antara kegiatan bernyanyi dengan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hikmah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kata Kunci : anak, kegiatan bernyanyi, berpikir simbolik

    Abstraction

    Abstract: Relationship Between Singing And Symbolic Activities Of Children Aged 4-5 Years In TK Al-Hikmah, Tlanakan District, Pamekasan Regency. This study aims to find out how is the relationship between singing and symbolic activities in children aged 4-5 years at TK Al-Hikmah, Tlanakan District, Pamekasan Regency. This singing activity can help children in the introduction of numbers 1-10 symbols in children aged 4-5 years. The method of this study uses a quantitative method with the Pearson product moment correlation approach. The sample selection uses saturated sampling with a total of 17 respondents. Singing and recognizing symbols use a child's observation sheet with the criteria of BB, MB, BSH, and BSB based on the results of the calculations that have been made. It can be seen that the null hypothesis (H0) is accepted in the hypothesis test. This means that there is a relationship between singing activities and symbolic thinking of children aged 4-5 years in TK Al-Hikmah, Tlanakan district, Pamekasan Regency which is expressed with a r value of only -0.06 so that the Cholesterol Determination (KD) value is 0.36% show a low relationship. This can be influenced by other factors, namely the symbolic thinking of children has been accustomed to the teacher. Therefore, in this study it appears that there is a relationship between singing activities and symbolic thinking of children even though the relationship is low. In other words, there is a low correlation between singing activities and symbolic thinking of children aged 4-5 years at TK Al-Hikmah, Tlanakan District, Pamekasan Regency. Keywords: children, singing activities, symbolic thinking

Detail Jurnal