Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA BOWLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANGKA ANAK USIA 4-5 TAHUN
    Penulis : Siti Choirun Nisa'
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim. M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari. M.Psi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bowling terhadap kemampuan pemahaman konsep angka anak usia 4-5 tahun di RA Mu’Awanah Penanggalan Dukudimoro Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen design, jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 4-5 tahun di RA Mu’Awanah Penanggalan Dukudimoro Mojoagung Jombang, dengan jumlah 12 anak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa statistik non parametrik. Berupa uji jenjang bertanda wilcoxon dengan data hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 2 anak dengan kriteria belum berkembang (BB), 8 mulai berkembang (MB) dan 2 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan penilaian posttest terdapat 2 anak memiliki kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 10 anak memiliki kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang wilcoxon diperoleh nilai < yaitu (0 <14) yaitu lebih kecil dari . Sehingga pengambilan keputusan yaitu (Hipotesis nihil) ditolak dan (Hipotesis alternativ) diterima karena < (0 <14). Sehingga diketahui bahwa ada pengaruh antara media bowling terhadap kemampuan pemahaman konsep angka anak usia 4-5 tahun di RA Mu’Awanah Penanggalan Dukudimoro Mojoagung Jombang. Kata kunci ; Anak Usia Dini, Media Bowling, Kemampuan pemahaman konsep angka.

    Abstraction

    This study has an objective to know the effect of bowling media on understand the concept of numbers children aged 4-5 years in RA Mu’Awanah Penanggalan Dukudimoro Mojoagung Jombang. This study uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental research design and One-Group Pre-test Post-test type. The subjects of this study are children aged 4-5 years in RA Mu’Awanah Penanggalan Dukudimoro Mojoagung Jombang consisting of 12 children. Moreover, techniques of collecting data in this study are observation and documentation. This study uses data analysis in the form of nonparametric statistics that is Wilcoxon signed rank test with pretest and posttest as the data of the study results. From the results of this study, it is obtained that at the pretest, there are 2 children with criteria of not developing (BB), 8 children with criteria of start growing (MB) and 2 children with criteria of develop according to expectations (BSH). While at the posttest assessment, there are 2 children with criteria of develop according to expectations (BSH) and 10 children with criteria of developing very well (BSB). The results of calculations using Wilcoxon signed rank test obtain the value of < that is (0 <14) which means that is smaller that . So that the decision making is (Zero Hypothesis) is rejected and (Alternative Hypothesis) is accepted because < (0 <14). So, it is found that there is an effect of bowling media on understand the concept of numbers children aged 4-5 years in RA Mu’Awanah Penanggalan Dukudimoro Mojoagung Jombang. Keywords: Early Childhood, Bowling Media,Ability to understand the concept of numbers.

Detail Jurnal