Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik
    Penulis : Duwi Widianti Peraptiwi
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa'.M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari. M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen design, jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik, dengan jumlah 20 anak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian in menggunakan analisis data dengan menggunakan statistik parametrik berupa uji-T (t-test) maka hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 3,075 dan ttabel sebesar 2,024, pada taraf signifkan 5%. Dengan besar koefisien korelasi (r) sebesar 0,96 dengan kategori sangat kuat, sehingga diketahui besar pengaruh antara strategi berbasis masalah dengan kemampuan pemecahan masalah anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik dengan nilai korelasi determinan (KP) sebesar 0,92%. Serta dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik. Kata kunci : pendidikan anak usia dini, strategi berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah.

    Abstraction

    ABSTRAK This study aims to reveals the effect of problem-based strategies on the children’s problem solving at Class B of Dharma WanitaRaci Tengah Sidayu Gresik Kindergarten. This study is quatitative, in particular using One-Group Pretest-Posttest of Pre-Experimental design approach. The subjects of this study are 20 Class B students of Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik Kindergarten. Method of data collection uses observation and documentation. Data analysis method uses parametric statistics of T-test. Therefore, the results of this study finds out that Tcount of 3.075 and Ttable of 2.024 have 5% significant level. By using 0,96 of correlation coefficient (r), it is obtained that the influence of problem-based strategies on children’s problem solving at Class B of Dharma Wanita Kindergarten is 0.92 % of correlation determinant (KP). It can be concluded that there is significant influence of problem-based strategies on children’s problem solving at Class B of Dharma Wanita Raci Tengah Sidayu Gresik Kinderganten. Keywords : Problem-based strategies, Problem solving, Early childhood education.

Detail Jurnal