Detail Karya Ilmiah
-
Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Anak Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Langkap)Penulis : Diah PurnamasariDosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi.Abstraksi
Berpikir simbolik merupakan bagian dari aspek-aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Perkembangan kognitif menjadi tiga tahapan yang pertama yaitu tahap sensorimotor (0-2 tahun), yang kedua tahap praoperasional (2-7 tahun) dan yang ketiga tahap operasinal (7-12 tahun). Namun penelitian ini hanya memfokuskan pada tahap praoperasional yang terdapat kemampuan berfikir simbolik yang dimana diartikan untuk menvisualkan benda-benda secara mental. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan kemampuan berfikir simbolik anak dalam mengenal simbol lambang bilangan angka melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak usia 5-6 tahun. Gerak dan lagu anak usia dini adalah hal penting yang perlu diberikan pada anak untuk mencapai perkembangan kognitif, perkembangan seni, perkembangan bahasa, perkembangan motorik, perkembangan sosial emosional, dan perkembangan norma budaya. Namun penelitian ini memfokuskan pada perkembangan kognitif pada aspek bepikir simbolik dengan pengenalan simbol angka melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak usia 5-6 tahun. Subyek dalam penelitian ini yaitu anak TK B yang berusia 5-6 tahun di TK PGRI Langkap kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan Madura. Subyek Terdiri dari dua anak yang berjenis kelamin laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan prosedur analisis data Miles dan Huberman. Hasil analisis data menjelaskan bahwa kegiatan gerak dan lagu dapat membantu anak untuk menggambarkan simbol lambang bilangan angka. Kunci : Kemampuan Berpikir Simbolik, Gerak dan Lagu, dan Anak Usia 5-6 Tahun.
AbstractionSymbolic thinking is part of the aspects of early childhood cognitive development. Cognitive development into three stages, namely the first sensorimotor stage (0-2 years), the second pre-operational stage (2-7 years) and the third stage of operasinal (7-12 years). However, this study only focuses on the pre-operational stage that there is the ability to think symbolically that which is meant to menvisualkan mental objects. The purpose of this study to describe the child's thinking ability in identifying symbol symbolic emblem digit numbers through movement activities and songs for children ages 5-6 years. Motion and early childhood songsis an important thing that needs to be given to children to achieve cognitive development, development of art, language development, motor development, social emotional development, and the development of cultural norms. However, this research focuses on cognitive development in bepikir symbolic aspect to the introduction of number symbols through movement activities and songs for children ages 5-6 years. The subjects in this study is a kindergartner B aged 5-6 years in kindergarten PGRI Langkap Burneh subdistrict Bangkalan Madura. Subjects consisted of two child sex male. This study used a qualitative approach with descriptive methods. The data collection technique using observation, interview and documentation. This study uses data analysis procedures Miles and Huberman. The results of the data analysis explains that the movement activities and songs can help children to describe the symbol symbol figure numbers. Keywords: Symbolic Thinking Ability, Motion and song, and Children Aged 5-6 Years.