Detail Karya Ilmiah

  • KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PERILAKU RESISTENT ATTACHMENT (Studi Deskriptif Pada Anak Usia 5-6 Tahun yang Lekat dengan Ayah Di TK Pertiwi 1 Tanjungkalang Ngronggot Nganjuk)
    Penulis : Evi Azizah
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa', S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag.,M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak usia dini ditinjau dari perilaku resistent attachment (studi deskriptif pada anak usia 5-6 tahun yang lekat dengan ayah di TK Pertiwi 1 Tanjungkalang Ngronggot Nganjuk). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: data reduction, data display, dan conclusions: drawing/verifying. Subjek dalam penelitian ini 2 anak laki-laki usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan anak masih belum memenuhi semua aspek kemandirian anak untuk kelompok A terdiri dari: Aspek percaya diri yang dominan ditunjukkan oleh anak percaya dengan dirinya sendiri untuk melakukan sesuatu. Pada aspek pandai bergaul yaitu anak belum bisa bergaul dengan guru dan teman-temannya. Pada aspek saling berbagi, anak tidak bersedia berbagi dengan orang lain, karena belum bisa memahami orang lain. Pada aspek mengendalikan emosi anak belum bisa sabar dalam menunggu giliran. Pada aspek kemampuan fisik anak dalam memenuhi kebutuhannya sendiri masih di bantu. Pada aspek bertanggung jawab anak belum bisa menyelesaikan tugas sampai selesai dan sering berbicara saat proses pembelajaran berlangsung. Pada aspek disiplin anak mampu berangkat sekolah tepat waktu dan bisa mematuhi peraturan yang sudah disepakati. Perilaku kemandirian pada anak kelompok A disebabkan oleh kedekatan antara ayah dengan anak. Ketika anak terlalu dekat dengan ayah maka anak akan ketergantungan dan tidak bisa ditinggal oleh ayah sedikitpun sehingga apapun yang diingikan anak, anak akan meminta tolong dan tidak mau melakukannya sendiri. Kata Kunci: Resistent Attachment, Kata Kunci: Anak Usia 5-6 Tahun, Kemandirian

    Abstraction

    This research aims to know the independence of early childhood behavior of resistant attachment (a descriptive study in children ages 5-6 years are closely linked to the father in TK Pertiwi 1 Tanjungkalang Ngronggot Nganjuk). This research uses qualitative descriptive method of approach. Data analysis is conducted through three stages: data reduction, data display, and conclusions: drawing/verifying. The subject in this study 2 boys ages 5-6 years. The results of this research indicate children still not meet all aspects of the independence of the child to the Group A consists of: the dominant aspect of the confidence shown by the children believe in himself to do something. On the clever hanging out even the son can’t getting along with teachers and peers. On the share, the child is not willing to share with other people, because it still can’t understand other people. On the aspect of control emotions children have yet to be patient in waiting for a turn. On the physical ability of children in its own still meet his needs help. On the aspect of responsible children haven't been able to complete the task until it is finished and often speak when the learning process takes place. On the discipline of children were able to leave for school on time and can obey the rules already agreed upon. The behavior of independence in children Group A caused by closeness between father with children. When children are too close to Father then the child will be dependent and cannot be left unchanged by the father so that any desired a child, the child will ask you and do not want to do by self. Keywords: Resistent Attachment, Children Aged 5-6 Years, Independence

Detail Jurnal