Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH ALAT PERMAINAN MONTESSORI TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR LOGIS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AISYIYAH TUNAS IMAN PETAONAN SOCAH
    Penulis : Ita Wulan Sari
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Alat Permainan Montessori Terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen design, jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 3-4 tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah, dengan jumlah 12 anak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa statistik non parametrik. Berupa uji jenjang bertanda wilcoxon dengan data hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil pretest menunjukkan bahwa terdapat 6 anak masuk dalam kategori belum berkembang (BB), 6 anak masuk dalam kategori mulai berkembang (MB). Hasil posttest terdapat 3 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan 9 anak masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang wilcoxon diperoleh nilai T_hitung

    Abstraction

    ABSTRACT This study has an objective to know The Effect of Montessori Game Tools on Logical Thinking Skills of Children Aged 3-4 Years in KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah. This study uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental research design and One-Group Pre-test Post-test type. The subjects of this study are children aged 3-4 years in KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah consisting of 12 children. Moreover, techniques of collecting data in this study are observation and documentation. This study uses data analysis in the form of nonparametric statistics that is Wilcoxon signed rank test with pretest and posttest as the data of the study results. The results of pretest show that there are 6 children are in the category of not developing (BB) and 6 children are in the category of start growing (MB). Moreover, the results of posttest show that there are 3 children are in the category of develop according to expectations (BSH) and 9 children are in the category of developing very well (BSB). The results of calculations using Wilcoxon signed rank test obtain the value of T_count

Detail Jurnal