Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF OUTDOOR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) VIII KAMAL
    Penulis : Adilah Fakhriyyah RM
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.PsiM.Psi
    Dosen Pembimbing II : M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    RM Adilah Fakhriyyah. 2018. Pengaruh Alat Permainan Edukatif Outdoor Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Dosen Pembimbing I Dewi Mayangsari, S.Psi M.Psi dan Dosen Pembimbing II M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak dengan adanya alat permainan edukatif outdoor terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII Kamal. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII Kamal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen desain Pre-test and Post-test Group. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII hasil pretest menunjukkan bahwa secara kumulatif terdapat 13 anak yang tergolong belum berkembang (BB) serta terdapat 4 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan perkembangan motorik halus anak sesudah perlakuan hasil posttest menggunakan pembelajaran dengan materi alat permainan edukatif outdoor terdapat 11 anak mulai berkembang (MB), 2 anak berkembang sesuai baik (BSB) dan 4 anak berkembang sangat baik (BSB). Pengolahan data menggunakan analisis data uji bertanda Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh nilai T hitung yaitu 0 dan nilai T 35 maka 0 < 35 dan H a tabel diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara alat permainan edukatif outdoor terhadap perkembangan motorik halus anak. Kata kunci : Anak Usia Dini, Alat Permainan Edukatif Outdoor, Perkembangan Motorik Halus Anak

    Abstraction

    RM Adilah Fakhriyyah. 2018. The Influence of Outdoor Educational Game Tools Against Fine Motoric Development of Ages 4-5 Years Group A in Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII Kamal. Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Dewi Mayangsari, S.Psi M.Psi and Advisor II M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si ABSTRACT The purpose of this study is to determine whether there is influence or not with the outdoor educational game tools on the fine motoric development of children aged 4-5 years group A in Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII Kamal. This study was conducted to children aged 4-5 years group A in Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kamal. In this research, the researcher use quantitative approach of experimental method of Pre-test and Posttest Group design. Data collection in this research using two techniques which is observation and documentation. The results of the study of fine motoric development of children aged 4-5 years in Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VIII pretest results show that cumulatively there are 13 children classified as undeveloped (BB) and there are 4 children included in the category developed according to expectations (BSH). While the fine motoric development of children after posttest treatment result using learning with outdoor educational game tools there are 11 children started to develop (MB), 2 children developed well (BSB) and 4 children developed very well (BSB). Data processing uses Wilcoxon marked test data analysis with a significant level of 5%. The result of data analysis obtained by value of Tcount is 0 and value Ttable 35 then 0 <35 and Ha accepted. Based on the results of data analysis shows that there is a significant influence between outdoor educational games on the development of children’s fine motoric. Keywords: Early Childhood, Outdoor Educational Game Tools, Child Fine Motoric Development

Detail Jurnal