Detail Karya Ilmiah

  • Kecerdasan Naturalistik Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Deskriptif di TK Nurul Amanah Kamal)
    Penulis : Nur Firda Hadiana
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan naturalistik anak usia 5-6 tahun di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: data reduction, data display, data conclusions: drawing/verifying. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak usia 5-6 tahun, yaitu 2 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) karakteristik kecerdasan naturalistik anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Amanah Kamal yaitu anak lebih banyak menghabiskan waktu belajar dan bermain di luar kelas, anak laki-laki lebih suka melihat dan mewarnai gambar binatang, sedangkan anak perempuan lebih tertarik terhadap tumbuhan, anak tampak senang ketika berada di sekitar tanaman, namun lebih suka memetik tanaman seperti bunga, daun, ranting, memukul tanaman dan mencabut tanaman, serta mulai bertanya tentang namanama tumbuhan atau binatang pada orang sekitarnya. 2) Kegiatan pembelajaran pendukung dan penghambat kecerdasan naturalistik anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Amanah Kamal yang paling diminati oleh anak adalah kegiatan bercerita integratif dan melihat film tentang alam, sedangkan kegiatan belajar melalui alam membuat anak cenderung mengekspresikan diri terhadap alam sehingga anak merusak tanaman atau atau menyakiti binatang. Kata Kunci: Kecerdasan Naturalistik, Anak Usia 5-6 Tahun

    Abstraction

    This study aims to determine the picture of naturalistic intelligence of children aged 5-6 years in school. This research uses qualitative approach descriptive method. Data analysis is done through three stages: data reduction, display data, conclusions data: drawing/verifying. Subjects in this study amounted to 4 children aged 5-6 years, ie 2 girls and 2 boys. The results of this study indicate that 1) the characteristics of naturalistic intelligence of children aged 5-6 years in Nurul Amanah Kamal kindergarten is the more children spend time studying and playing outside the class, boys prefer to see and color the image of animals, while the more girls interested in plants, the child looks happy when around the plants, but rather picking plants such as flowers, leaves, twigs, hitting plants and pulling plants, and began to ask about the names of plants or animals in people around him. 2) The learning activities supporting and inhibiting naturalistic intelligence of children aged 5-6 years in Nurul Amanah Kamal kindergarten the most sought after by children is integrative storytelling and seeing movies about nature, while learning activities through nature make children tend to express themselves to nature so that children damage plants or hurt animals. Keywords: Naturalistic Intelligence, Children Aged 5-6 Years

Detail Jurnal