Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    TK Tadika Puri yang berlokasi di Gresik merupakan sekolah bilingual dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa Intruksi. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi pembelajaran bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran bilingual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peniliti menggunakan prosedur analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan implementasi pembalajaran berbasis bilingual menyusun rencana mingguan dan rencana harian. (2) pelaksanaan dilakukan dengan membiasakan berinteraksi menggunakan kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. (3) penilaian yang digunakan guru berupa skala pencapaian perkembangan, hasil karya, dan catatan anekdot. Kata kunci : Pembelajaran Bilingual, Anak Usia Dini

    Abstraction

    Tadika Puri Kindergarten located in Gresik is a bilingual school by using English – Indonesia instructions. The researcher was interested to investigate implementation of bilingual learning within planning, promoting, and evaluating the learning. This descriptive qualitative research used observation, interview, and documentation as techniques of collecting data. The research procedure was Miles and Huberman. The findings showed: (1) implementation of the learning plan was started by composing semester, weekly, and daily lesson plan; (2) implementation of its promotion was done by habitualizing to have simple English utterance interactions; (3) assessment implementation was using developmental achievement scale, work, and anecdote note. Keywords: Bilingual learning, Early Childhood Children

Detail Jurnal