Detail Karya Ilmiah

  • Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 13 Sunan Dalem Gumeno.
    Penulis : Relita Ayu Novrianda
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi.
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Setiap orang tua harus berperan penting dalam mendidik anak dan guru juga berperan penting dalam mendidik anak terutama tentang pendidikan seks di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Muslimat NU 13 Sunan Dalem Gumeno Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan ditentukan secara purposive sampling, berdasarkan karakteristik informan yang telah ditetapkan yaitu orang tua yang mempunyai anak tunggal dan guru kelas B. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis dengan metode analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 anak kelas TK B dan 1 guru Kelas TK B, serta Orang Tua anak yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya pendidikan seks diberikan sejak dini baik disekolah maupun dirumah agar anak dapat mengetahui fungsi-fungsi alat reproduksinya, perbedaan jenis kelamin, dan anak dapat menjaga diri jika berada diluar rumah dan anak dapat mewasapadai orang-orang yang berada disekitarnya baik itu orang yang dikenalinya maupun yang tidak dikenalinya. Kata Kunci : Pelaksanaan, Pendidikan Seks, anak usia dini.

    Abstraction

    Every parent has important role to educate children and teacher also has important role to educate children about sex education at school. This study aims to explain the implementation of sex education for early childhood at TK Muslimat NU 13 Sunan Dalem Gumeno Manyar Gresik. The methodological approach taken in this study is descriptive qualitative. Subjects of this study were selected by using purposive sampling based on informants characteristics that had been chosen, especially for parents who have an only child and a B class teacher. Method of data collection in this study consist of observation, interview and documentary. After collecting the data, the validity of the data are verified by using triangulation approach. The data is analysed by using interactive model analysis of Miles and Huberman. Subject used in this study is the two children class TK B and one Teacher Class TK B, as well as the parents of clirdren who are determined. The research findings indicate that the importance of sex education for early childhood neither at home nor at school help children to understand the function of sex organ of children and sexual differences so that children can take care of themselves when they are not at home. It makes children are aware of people surrounding them like strange people and familiar people. Keywords : Implementation, Sex Education, Early Childhood.

Detail Jurnal