Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Gerak dan Lagu Dengan Kreativitas Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Ar-rahman Dungkek Sumenep
    Penulis : Noviana Munaila Rahmansyah
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun nisa',M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Anak Usia 0-6 tahun merupakan masa awal anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, sehingga diperlukan stimulus yang tepat agar anak dapat berkembang dan tumbuh secara maksimal salah satunya pada aspek perkembangan seninya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Hubungan Gerak dan Lagu Dengan Kreativitas Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Ar-Rahman Dungkek Sumenep. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan Korelasi Pearson Produk Moment. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 12 responden. Penilaian gerak dan lagu menggunakan pengamatan observasi, sedangkan penilain kreativitas anak menggunakan obsevasi dan dokumentasi kegiatan anak. Lembar observasi dengan kriteria penilaian BB, MB, BSH, dan BSB. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Ho yang diterima dalam uji hipotesis. Hal ini berarti dapat diketahui bahwa Hubungan Gerak dan Lagu Dengan Kreativitas Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Ar-Rahman Dungkek Sumenep adalah sebesar 0,0000007056% yakni memiliki hubungan yang rendah,karena masih dipengaruhi beberapa faktor lain. Seperti kegiatan diluar sekolah ketika anak sudah berada dirumahnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, sehingga kegiatan gerak dan lagu memiliki hubungan yang rendah dengan kreativitas anak Kata kunci: Anak Usia 3-4, Gerak dan Lagu, Kreativitas Anak.

    Abstraction

    ABSTRACT Age 0-6 years is the initial period of children in experiencing very rapid growth and development, so that the right stimulus is needed in order to children can develop and grow optimally, one of them is in the aspect of the development of art. The objective of this study is to know Motion and Song Relationship with Creativity of Children Aged 3-4 Years in PAUD Ar-Rahman Dungkek Sumenep. The method of this study is quantitative with Pearson Product-Moment Correlation approach. The sample selection uses saturated sampling with 12 respondents. The assessment of motion and song uses observation, while the assessment of children’s creativity uses observation and documentation of children’s activities. Observation sheets contain assessment criteria of BB, MB, BSH and BSB. Based on the results of calculations that have been made, it can be seen that Ho is accepted in the hypothesis test. It means that Motion and Song Relationship with Creativity of Children Aged 3-4 Years in PAUD Ar-Rahman Dungkek Sumenep is 0,0000007056% which is a low relationship because it still requires several other factors. Like activities outside of school when the child is at home. Therefore, it can be concluded that children’s creativity is influenced by other factors, so that motion and song activities have a low relationship with children’s creativity. Keywords : Children Aged 3-4 Years, Motion and Song, Children’s Creativit.

Detail Jurnal