Detail Karya Ilmiah
-
Kemampuan Religiusitas Anak Usia Dini Non Muslim Di Lingkungan Sekolah (Studi Deskriptif Anak Non Muslim Yang Bersekolah Di Lingkungan Mayoritas Muslim)Penulis : Evi Dwi Novita SariDosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.ADosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa ', M.PdAbstraksi
Evi Dwi Novita Sari.2018. Kemampuan Religiusitas Anak Usia Dini Non Muslim Di Lingkungan Sekolah (Studi Deskriptif Anak Non Muslim Yang Bersekolah Di Lingkungan Mayoritas Muslim). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A dan Titin Faridatun Nisa’, M.Pd Abstrak Kemampuan religiusitas merupakan tingkat keterikatan individu terhadap agamanya. Religius dapat diperoleh dari pengalaman hidup manusia yang lebih mendalami pada agama yang dianut. Penelitian ini fokus pada dimensi Ketuhanan, Praktik ibadah, Pengetahuan agama dan dimensi Pengalaman. Selain itu kemampuan religius didukung oleh faktor-faktor yang membentuk religius yakni faktor internal dan faktor ekternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan kemampuan religiusitas dari anak non muslim dilihat dari dimensi dan faktor yang mendukung religius anak. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini non muslim yang bersekolah di PAUD Anggrek Perumnas Kamal. Subyek berjumlah dua anak berusia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan prosedur analisis Miles dan Huberman. Hasil analisis data menjelaskan bahwa kemampuan religiusitas anak usia dini non muslim ketika di lingkungan sekolah dapat menunjukkan kemampuan religiusitasnya kecuali pada dimensi praktik ibadah. Sedangkan untuk faktor yang mendukung yakni faktor internal berupa tingkat usia dan kepribadian serta untuk faktor yang kurang mendukung ada pada faktor eksternal yakni keluarga, institusional dan masyarakat Kunci : Religiusitas, Non muslim, Anak Usia Dini
AbstractionEvi Dwi Novita Sari.2018. The ReligiusAbility of Non-Muslim Early Childhood in School Environment (Descriptive Study of Non-Muslim Children Who Study in Muslim Majority Environment). Thesis, Teacher Education Study ProgramEarly Childhood Education, Faculty of Education Sciences,University of Trunojoyo Madura. Adviser: Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A and Titin Faridatun Nisa ', M.Pd Abstract The ability of religiosity is the attachmentlevel of each individual to his/her religion. Religiosity can be derived from the experience of human life who get deeper on the religion adopted. This study focuses on the dimension of Deity, Practice of worship, Knowledge of religion and dimension of Experience. Besides that the religious ability is supported by factors which form religiosity which are internal factor and external factor. The purpose of this study is to describe the religious abilities of non-Muslim children viewed from the dimensions and factors that support the child's religious. The subjects in this study were non-Muslim early childhood who attended Anggrek Early Childhood School in Perumnas Kamal. The subjects amounted to two children aged 5-6 years. This study uses qualitative approach with descriptive method. For data collection techniques that the researcher used are observation, interview and documentation techniques. The researcher used the Miles and Huberman analysis procedures. The results of data analysis show that the ability of non-Muslim early childhood religiosity when they are in the school environment can show the ability of religiosity except on the dimensions of worship practice. While the factors that support the internal factors are of the level of age and personality, and for factors that are less supportive to the external factors are of family, institutional and community Keywords: Religiosity, Non-Muslim, Early Childhood