Detail Karya Ilmiah

  • Efektifitas Metode Pembelajaran Wafa Dalam Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun DI TKIT Robbaniyyah Bangkalan
    Penulis : Iza Ainur Rosida
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran wafa dalam kemampuan mengenal huruf hijayah anak usia 4-5 tahun di TKIT Robbaniyyin Bangkalan. Mengenal huruf hijaiyah merupakan kegiatan yang membantu anak mengembangkan kemampuanmengenal symbol-simbol huruf hijaiyah dengan baik dan benar sesuai makhrojnya. Subjek penelitian ini adalah anak TKIT Robbaniyyin Bangkalan usia 4-5 tahun yang terdiri dari 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan non participan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah melalui metode wafa dengan rata-rata 3,2 dengan deskriptif presentase 80%. Hal tersebut terlihat pada 3 indikator yang telah diteliti, dimana indikator 1 mengenal huruf hijaiyah pada anak memperoleh rata-rata 3.1 dengan deskriptif presentase 77.5%. Indikator 2 menunjukkan huruf hijaiyah pada anak memperoleh rata-rata 3.3 dengan deskriptif presentase 82.5%.Sementara indikator 3 mengucapkan huruf hijaiyah pada anak memperoleh rata-rata 3.1 dengan deskriptif presentase 77.5%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengenalan huruf hijaiyah melalui metode wafa efektif dilaksanakan untuk anak usia dini khusunya anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : Anak Usia 4-5 Tahun, Huruf Hijaiyah, Metode Pembelajaran Wafa

    Abstraction

    ABSTRAK The object research to know effectiveness method learning wafa in ability to know hijaiyah characters 4-5 years in TKIT Robbaniyyin Bangkalan. Knowing hijaiyah characters constitute activity to helping develop the ability to know the symbol hijaiyah characters with and correct agree with makhroj. The object research is some student in TKIT Robbaniyyin bangkalan children 4-5 years consist of 18 child. The technique accumulation the data used is observation use non participan, the interview not structured and documentation. The research used approach quantitative. Technique analysis the data used analysis quantitative description. The result research to show that the ability for children to know hijaiyah characters through method wafa with average 3.1 with descriptive percentage 77.5%. indicator 2 show hijaiyah characters the childrens to obtain percentage 3.3 with descriptive percentage 82.5%. while indicator 3 say hijaiyah characters the children to obtain 3.1 with descriptive percentage 77.5%. Based on the results research may concluded that introduction hijaiyah characters through method wafa effective held to children early age the special the child 4-5 years. Keywords : Children Aged 4-5 Years, Hijaiya Letters, Wafa Learning Method.

Detail Jurnal