Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BENTHIK TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MIFTAHUL ULUM DESA BANDUNGSARI SUKODADI LAMONGANPenulis : Farihatul Ma’waDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.PsiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional benthik terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ulum Bandungsari Sukodadi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain penulisan Preeksperimental jenis one-group pre-test. Subjek penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ulum Bandungsari Sukodadi Lamongan sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan analisi uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai T hitung 3,097394 dan T tabel 2,179. Sehingga dapat dilihat bahwa T hitung > T tabel (3,097394 > 2,179), maka H 0 ditolak dan H a diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional benthik terhadap perkembangan motorik kasar.
AbstractionThis research examines the effect of the traditional game benthik towards children’s hard-action development in the year of 5 to 6 at TK Miftahul Ulum Bandungsari Lamongan. This study used quantitative approach within experimental, the design in witing the study, the researcher conducts preexperimental with the type of one group pre-test. The subject of the study were children in the age 5 to 6 years old at TK Miftahul Ulum Bandungsari Sukodadi Lamongan. This study used observation and documentation to collect the data. The data was collected by using t-test analysis. The result of the analysis obtained T_hitung 3,097 and T_table 2,179. This result show that T_hitung ?T_table (3,097?2,179). I means that Ho was refused and Ha was receive. The result of data analysis indicates there is significant effect with traditional game benthik toward student’s hard action development.