Detail Karya Ilmiah

  • Kompetensi Kepribadian Guru Laki-Laki (Studi Deskriptif di Kelompok Bermain Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan)
    Penulis : Dewi Citra Resmi Sangdia Pitaloka
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan kompetensi kepribadian guru laki-laki yang dilihat dari etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga menjadi guru PAUD, dan percaya diri dalam kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: data reduction, data display, conclusions: drawing/ verifying. Subyek dalam penelitian ini ada 2 guru laki-laki yang mengajar di KB Kuncup Melati Desa Waru Wetan dan KB Tarbiyatus Shibyan Desa Kesambi, Kecamatan Pucuk. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa guru laki-laki sudah hampir memenuhi kriteria dari kompetensi kepribadian guru yang telah ditentukan, seperti: 1) guru laki-laki dapat menunjukkan sikap etos kerja yang tinggi ketika kegiatan pembelajaran, 2) guru laki-laki dapat mengemban tanggung jawab ketika kegiatan pembelajaran maupun tugas sekolah, 3) guru laki-laki dapat menunjukkan sikap bangga menjadi guru PAUD, 4) guru laki-laki dapat menunjukkan sikap percaya diri ketika mengajar. Dari kedua subyek tersebut yang terlihat paling sempurna adalah guru laki-laki yang mengajar di KB Kuncup Melati. Selain itu terdapat faktor pendukung kompetensi kepribadian guru laki-laki yaitu yang berasal dari faktor dalam diri (internal) dan faktor dali luar/lingkungan (eksternal).

    Abstraction

    This study aims to describe and define the personality competence of male teachers that viewed from the work ethic, responsibility, pride of being the early childhood (PAUD) teacher, and confident in the learning activities in Pucuk sub-district Play Group, Lamongan Regency. This research uses qualitative approach descriptive method. Data analysis is done through three stages: data reduction, display data, conclusions: drawing / verifying. The subjects in this study there are 2 male teachers who teach in KB Kuncup Melati Waru Wetan Village and KB Tarbiyatus Shibyan Kesambi Village, Pucuk sub-district. The results of this study indicate that male teachers have almost met the criteria of teacher personality competencies that have been determined, such as: 1) male teachers can show high work ethic attitude when learning activities, 2) male teachers can assume responsibility when learning activities and schoolwork, 3) male teachers can show pride in being early childhood (PAUD) teachers, 4) male teachers can show confidence when teaching. Both of subjects that look the most perfect is a male teacher who teaches in KB Kuncup Melati. In addition there are factors supporting the personality competence of male teachers that are derived from internal factors (internal) and external / environmental factors (external).

Detail Jurnal