Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Tehadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di PAUD Darrul Muttaqin Sugihwaras Prambon Nganjuk.Penulis : Novia NurainiDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M. Psi.Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi, M. Psi.Abstraksi
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi terhadap kepercayaan diri anak kelompok A usia 4-5 tahun. Kegiatan bernyanyi sangat diperlukan dalam setiap proses pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan selain itu juga memiliki banyak manfaat untuk mengoptimalkan tahap perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design (non designs) jenis one-group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Darrul Muttaqin Sugihwaras Nganjuk yang terdiri dari 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh pada saat pretest terdapat 16 anak termasuk dalam kriteria belum berkembang. Penelitian posstest setelah melakukan treatment diperoleh 10 anak termasuk dalam kriteria mulai berkembang, 5 anak dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan 1 termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 30 maka 0 < 30 dan Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan bernyanyi terhadap kepercayaan diri anak. Kata Kunci:Kegiatan Bernyanyi, Kepercayaan Diri Anak, Pendidikan Anak Usia Dini
AbstractionThis study is aim to know the influence of singing activity for children confident in A group. Singing activies is very necessary in every learning process to create a learning atmosphere to be fun and it also has many benefits to optimize the child development stage. This research used a quantitative approach using experimental method with Pre-experimental design (nondesigns) type design pre-experimental in one-group pre-tes post-test. Subject of this study is A group of PAUD Darrul Muttaqin Sugihwaras Nganjuk that consist of 16 children. The method to collected data is observation and documentation. By used analysis of test data marked Wilcoxon. The result of the research was obtained at the time of pretest, there were 16 children entered on the criteria not yet developed. The posstest assesment after treatment obtained 10 children entered criteria started to develop, 5 children entered the criteria developed as expected, and 1 children developed very well. The results of this study are Tcountis 0 and value of Ttabel 30 so that 0<30 Ha acceptance. The analysis of the data shows that there is a significant influence between singing activities on child self confidence. Keywords: Singing Activies, Children’s Confidence, Early Childhood Education