Detail Karya Ilmiah

  • HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 4-5 DI TK DARMA WANITA DAWUHAN JATIKALEN NGANJUK
    Penulis : MOCH KUSRONI WIJAYA
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa kekuatan hubungan antara metode pemberian tugas dengan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TK Darma Wanita Dawuhan. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena hanya berjumlah 10 anak. Instrumen menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunkan analisis Korelasi Product Momoent. Berdasarkan perhitungan analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 11,959 > 2,306 ttabel, sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan Metode pemberian tugas yang analisis dan dilakukan untuk menentukan hubungan antara metode pemberian tugas dengan kesiplinan anak usia 4-5 tahun mempunyai nilai r=0,9733, dengan demikian metode pemberian tugas memiliki hubungan yang sebesar 94,67%(sangat tinggi) dengan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TK Darma Wanita Dawuhan. Kata kunci: Kedisiplinan, , Metode Pemberian Tugas, Anak Usia Dini.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this research is to know the strength of the relationship between the method of administration tasks with discipline of children aged 4-5 years in kindergarten Darma Wanita Dawuhan. The sample used is saturated samples, because only amounted to 10 children. Instruments use observation, interview and documentation techniques. Hypothesis testing uses Momoent Product Correlation analysis. Based on the calculation of the data analysis, it is obtained that tcount = 11.959> 2.306 ttable, so the hypothesis Ho is rejected and Ha is accepted. Conclusion of the method of administration tasks that is analyzed and performed to determine the relationship between the administration tasks method and the discipline of children aged 4-5 years has value r= 0,9733, thus the method of administration tasks has a relationship of 94.67% (very high) with the discipline of children aged 4-5 years in Kindergarten Darma Wanita Dawuhan. Keywords: Discipline, Method of Administration Tasks, Early Childhood.

Detail Jurnal