Detail Karya Ilmiah

  • Penggunaan Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Kecamatan Sepulu Bangkalan
    Penulis : Halilah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari,S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag.,M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku tanggung jawab anak usia 5-6 tahun dan mengetahui penggunaan metode proyek dalam melatih sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sepulu Bangkalan. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian efektivitas metode proyek untuk melatih sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita. Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada penilaian pertama perkembangan sikap tanggung jawab anak, 6 anak pada kriteria Mulai Berkembang (MB) dan 10 anak pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan data penilaian kedua sikap tanggung jawab. 9 anak berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 7 anak berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Sedangkan pada data penilaian teakhir terdapat 8 anak yang mendapat kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 8 anak pada kriteria Berkembang sangat Baik (BSB). Sehingga diperoleh rata-rata dari data keseluruhan pada masing-masing aspek dnga angka deskriptif persentase sebesar 78,0% dengan nilai 31 pada indikator menjaga barang, 78,1% dengan nilai 31 pada indikator mengetahui aturan yang berlaku, 77,9% dengan nilai 31 pada indikator mengakui semua perbuatannya. Kata Kunci : Metode Proyek, Anak Usia Dini, Sikap Tanggung Jawab

    Abstraction

    This research aims to find out responsibility of 5 – 6 year old children and us of project method in training their responsibilities. This used survey method and sdescriptive quantitative research, test formula collected through observation and documentation. The findings showed the effectiveness of the method in training responsibility of the students based on data recapitulation of the first responsibility development assessment were 6 children categorized as Beginning to Develop (BD) and 10 Developed as Expected (DE). Second assessment of the attitude showed 9 DE children and 7 children Extremely Well Developed (EWD). Meanwhile, final assessment of the attitude showed 8 DE children and 8 EWD children. So that the mean is obtained from the overall date in each aspect by number., of 78,0% with a value of 31 in the aspect of keeping goods, 78,1% with a value of 31 on the aspect knowing the rules that apply, and 77,9% with a value of 31 on the aspect recornizing all his actions. Keywords: Project Method, Early Childhood Children, Responsibility

Detail Jurnal