Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA KELOMPOK B DI TK MIFTAHUL ULUM KARANGAGUNG KABUPATEN LAMONGANPenulis : Siti KholilahDosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MADosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B TK Miftahul Ulum Karangagung, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design jenis One-group preteset-posttest. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun TK Miftahul Ulum Karangagung sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji jenjang Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai T_hitung yaitu 0 dan nilai T_tabel 17 maka 0 < 17 sehingga H_a diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B TK Miftahul Ulum Karangagung Kabupaten Lamongan. Kata Kunci : Metode Bercerita, Mengenal Huruf, Pendidikan Anak Usia Dini
AbstractionThe purpose of this study is to determine the influence of storytelling methods to the ability in recognizing the letters of children group B Miftahul Ulum Karangagung kindegarten, Lamongan regency. This research used quantitative approach with experimental method regarding pre-experimental design, design type One-group preteset-posttest. Subjects in this study were children aged 5-6 years Miftahul Ulum Karangagung kindergarten as many as 13 children. Data collection techniques were taken from observation and documentation, while the data analysis techniques in this study used the Wilcoxon level test. The results of data analysis obtained value T_hitung was 0 and value T_tabel 17 then 0 <17 so H_a accepted. Based on the data analysis showed there was a significant influence between the storytelling method to the ability in recognizing the letters of children group B TK Miftahul Ulum Karangagung kindegarten Lamongan regency. Keywords: Storytelling Method, Recognizing Letter, Early Childhood Education.