Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Fonem Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Muawanah Penanggalan Dukuhdimoro Jombang.
    Penulis : Nur Cholifah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’,S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Kemampuan bahasa penting untuk diajarkan pada anak sejak usia dini. Salah satunya yaitu pada tata bahasa bagaian fonem. Sebab, Kesalahan dalam pengucapan fonem/ pelafalan baik akan mengganggu kelancaran komunikasi antara pembicara dan pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan bahasa pada fonem anak usia 4-5 tahun di di RA Muawanah Penanggalan Dukuhdimoro Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen jenis one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan rentang usia 4-5 tahun di Di RA Muawanah. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 10 anak yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang, dan 2 anak yang masuk dalam kriteria belum berkembang. Penilaian posttest setelah melakukan treatment terdapat 3 anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan, dan terdapat 9 anak yang masuk kategori berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai T hitung sebesar -2,496 dan Ttabel sebesar 2,074. Maka dapat disimpulkan bahwa Ttabel > Thitung (2,074> -2,496) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan klasifikasi benda pada anak. Kata Kunci: Fonem, STAD, Anak Usia 4-5 tahun.

    Abstraction

    Language skill is important to teach in early childhood. One of them is about grammar, especially in phoneme. Because of errors in phoneme pronounciation/ pronounciation will interfere the fluent of communication between speaker and listener. This study aims to determine the effect of STAD type cooperative learning model on language skills in the phoneme of children in 4-5 years old in group A1 Ra Muawanah. This research uses quantitative method with type experimental approach, especially one group pretest-posttest consisting of pretest-treatmentposttest. Subject in this study were 12 children with 4-5 years old range in RA Muawanah. The result of this study obtained at the time of pretest there are 10 children belonging to the definition of developing and 2 children who enter the ratio has not developed. Posttest assessment after treatment, there are 9 children belonging to the criteria began to grow and 3 children included in the criteria not yet developed. Assessment posttest after treatmen there are 3 children included in the category developed as expected, and there are 9 children who are included in the category of developing very well. Result of calculation by using t-test obtained value of Thitung equal to -2496 and Ttabel equal to 2,074. It can be concluded that Ttabel > Thitung (2,074> -2,496). So that’s way Ho rejected and Ha accepted which means there is influence of singing method to the ability of object classification in children. Keywords: phonemes, STAD, Children in 4-5 Years.

Detail Jurnal