Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN KELOMPOK B di TK PGRI 1 TAJUNGAN
    Penulis : Hosnul Kalam
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayang Sari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Hosnul Kalam. 2018. Pengaruh Flashcard Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Kelompok B di TK PGRI 1 Tajungan. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Dewi Mayang Sari, S.Psi., M.Psi Pembimbing II: Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh flashcard terhadap kemampuan berhitung permulaan kelompok B di TK PGRI 1 TAJUNGAN. Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk gambar yang berukuran tertentu seperti berbentuk persegi atau persegi panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental desain jenis one-group pre-test posttest. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK PGRI 1 Tajungan sebanyak 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari pretest yang dilakukan terdapat 12 anak yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang (MB), sedangkan nilai dari posttest yang dilakukan tidak terdapat anak masuk dalam kategori belum berkembang (BB), 8 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan 4 anak masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan perhitung yang dilakukan peneliti diperoleh nilai T yang diperoleh yaitu 0 dan dibandingkan dengan nilai kriteria keputusan yaitu T hitung tabel yang berjumlah 14. Dapat disimpulkan bahwa nilai T jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai T tabel . Jika T hitung

    Abstraction

    Hosnul Kalam. 2018. The influence of Flashcard on the Beginning of Count Capabilities of Group B in PGRI 1 Kindergarten of Tajungan. THESIS, Early Childhood Education, Faculty of Education, Uniersity of Trunojoyo Madura. Advisor I: Dewi Mayang Sari, S.Psi., M.Psi Advisor II: Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi. ABSTRACT This study aims to determine the effect of flashcard on the ability to the beginning count of group B in PGRI 1 Kindergarten of Tajungan. Flashcard is a media of learning in the form of images of a certain size such as square or rectangular. This research uses quantitative approach using experimental method with Preexperimental type design one-group pre-test post-test. The subject of this study is a group B children in PGRI 1 Kindergarten of Tajungan as many as 12 children. The technique of collecting data are observation and documentation. The results of the pretest conducted there are 12 children who belong to the criteria began to grow (MB), whereas the score of posttest conducted there is no child entered in category not yet developed (BB), 8 children entered in category progressed according to expectation (BSH), and 4 children entered in very good developing category (BSB) . Based on the calculations conducted by researchers obtained the score of Thitung obtained is 0 and compared with the score of the decision criterion is Ttabel which amounted to 14. It can be concluded that the score of Thitung is much smaller than the score of Ttable. If Thitung

Detail Jurnal