Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Wonocolo
    Penulis : Winda Mugiarti
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayang Sari S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Busyro Karim S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kedisiplinan anak kelompok A TK Dharma Wanita Wonocolo Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis one group pretest-posttest yang terdiri dari pretest-treatment-posttest subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data berupa statistik non parametrik. Berupa uji jenjang bertada wilcoxon dengan data hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil peneitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 21 anak dengan kriteria mulai berkembang, 3 anak dengan kriteria belum berkembang, dan 1 anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan. Penilaian posttest setelah dilakukan treatment dengan menggunakan metode proyek di dapatkan 1 anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan dan 24 anak dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon diperoleh nilai T hitung = 0 lebih kecil dari nilai T tabel yaitu 89. Sehingga hasil pengambilan keputusannya yaitu H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima karena T hitung < T tabel (0-89). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode proyek terhadap kedisiplinan anak kelompok A di TK Dharma wanita Wonocolo. Kata Kunci : Kedisiplinan, Metode Proyek, Anak Kelompok A.

    Abstraction

    This study is animed to determine the influence of Project method Toward Discipline of Dharma Wanita early childhood education A group Wonocolo Bojonegoro. This study uses quantitative method wiht one group pretest-posttest type of experimental approach consist of pritest-treatment-posttest, the subjects in this study is students in group A thrive early childhood education Dharma Wanita Wonocolo as many as 25 children. This study uses data collection techiques with observation and documentation. Researcher uses data analysis in the form of non parametrick statistics, from a test level marked wilcoxon with data pretest and posttest assesment results. The results of this study is obtained that on pretest there are 21 children with criteria began to growth, 3 children with do not criteria and 1 children with criteria evolve as expected. Posttest assement after treatment using method project is obtained 1 children with criteria evolve as expected and 24 children with criteria develoloped very well. The result of calculaton by using test level marked wilcoxon is obtained value of count=0 smaller than value of T table that is 89,thus H0 (null hypothesis) is accepted becauses T cont

Detail Jurnal