Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MIKRO BERBASIS PERMAINAN RUMAH-RUMAHAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK
    Penulis : Sulistiani
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa'.M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh. M.Psi
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran mikro berbasis permainan rumah-rumahan terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun. Metode bermain peran merupakan kegiatan dramatisasi, dimana anak-anak dapat memerankan tokoh anggota keluarga serta tata cara dan kebiasaan dalam keluarga. Metode bermain peran terbagi menjadi dua jenis yaitu metode bermainperan mikro dan metode bermain peran makro, dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada metode bermain peran mikro yang digunakan untuk menstimulus perkembangan sosial emosional anak yaitu percaya diri anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design dengan jenis One-Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kamal Bangkalan Madura yang terdiri dari 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0dan nilai Ttabel 17 maka 0 < 17 dan Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran mikro berbasis permainan rumah-rumahan terhadap percaya diri anak. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran Mikro, Percaya Diri

    Abstraction

    The objective of this study is to know the effect of dollhouse game based micro role playing method on self-confidence of children aged 5-6 years. The role playing method is a dramatization activity, where children can portray family members as well as procedures and habits in the family. The role playing method is divided into two types, namely micro role playing method and macro role playing method. This study focuses on micro role playing method that used to stimulate children’s social emotional development, namely children’s self-confidence. This study uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental research design with One-Group Pre-test Post-test type. The subjects of this study are children aged 5-6 years in TK Kartini Kamal Bangkalan Madura consisting of 13 children. Techniques of collecting data are observation and documentation. This study uses Wilcoxon signed rank test data analysis. The results of data analysis obtains the value of Tcount is 0 and the value of Ttable is 17, so 0 < 17 and Ha is accepted. The data analysis shows that there is a significant effect between dollhouse game based micro role playing method on children’s self-confidence. Keywords: Early Childhood, Micro Role Playing Method, Children’s Self-Confidence.

Detail Jurnal