Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok A PAUD ArRohmah Samatan Pamekasan
    Penulis : Rini Susanti
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung permulaan kelompok A di PAUD Ar-Rohmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental desain jenis one-group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A PAUD Ar-Rohmah sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari pretest yang dilakukan terdapat 3 anak yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang (MB), sedangkan nilai dari posttest yang dilakukan 7 terdapat anak masuk dalam kategori mulai berkembang (MB), 3 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan 3 anak masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan perhitung yang dilakukan peneliti diperoleh nilai Thitung yang diperoleh yaitu 0 dan dibandingkan dengan nilai kriteria keputusan yaitu Ttabel yang berjumlah 17. Dapat disimpulkan bahwa nilai Thitung jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai Ttabel .Jika Thitung

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of singing method on the ability to the beginning count of group A in PAUD Ar-Rohmah of Samatan Pamekasan. This research uses quantitative approach using experimental method with Pre-experimental type design one-group pre-test post-test. The subject of this study is a group A children in PAUD Ar-Rohmah of Samatan Pamekasan as many as 13 children. The technique of collecting data are observation and documentation. The results of the pretest conducted there are 3 children who belong to the criteria began to grow (MB), whereas the score of posttest conducted there is no child entered in category 7 yet developed (BB), 3 children entered in category progressed according to expectation (BSH), and 3 children entered in very good developing category (BSB) . Based on the calculations conducted by researchers obtained the score of Thitung obtained is 0 and compared with the score of the decision criterion is Ttabel which amounted to 17. It can be concluded that the score of Thitung is much smaller than the score of Ttable. If Thitung

Detail Jurnal