Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWAPenulis : TIN WAROTUL JANNAHDosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL MUHARRAMI, S.Si., M.SiIDosen Pembimbing II :WIWIN PUSPITA HADI, S.Si., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap minat belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Torjun tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Torjun. Sampel yang digunakan adalah kelas VII F sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data pengujian hipotesis minat belajar siswa menggunakan Uji-t sample bebas dengan program SPSS versi 20.00. Hasil pengujian hipotesis minat belajar siswa diperoleh nilai -thitung< ttabel < thitung (-3,373 < 2,007 < 3,373) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Respon siswa diperoleh nilai rata-rata 83% dengan kriteria respon sangat tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 88% dengan kriteria keterlaksanaan sangat baik.
AbstractionThe purpose this research was to know the implementation of Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) to interest at the material environmental pollution at VII class Junior High School Negeri 1 Torjun study yard 2017/2018. This used research an experimental study with design Quasi Experimental. The population is all of the student of class VII of Junior High School Negeri 1 Torjun. The sample used is class VII F as many 27 student control class and class VII G as many 27 students experiment class. Data analysis technique hypothesis interest in student learning using t-test sample with SPSS program version 20.00. The result of hypothesis testing of student learning interest obtained by value –tcount ? ttable ? tcount (-3,373 ? 2,007 ? 3,373) then H0 rejected and H1 accepted. Based on the results of hypothesis testing it can be concluded that the application of learning strategies SQ3R effect on student learning interest. Student response obtained an average score of 83% with very high response criteria. The learning achievement obtained an average score of 88% with very good implementation criteria.